Hits: 16

Terbitkan Keputusan Bersama 3 Lembaga Kampung

Penambangan emas secara tradisional di Sungai Mahakam menjadi salah satu objek yang menambah pendapatan asli kampung Pemerintah Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari. REVANDI/KABARKUBAR.COM

LONG APARI – KABARKUBAR.COM

Kegiatan penambangan emas secara tradisional jadi salah satu bidang usaha masyarakat di hulu Sungai Mahakam. Namun ada saja persoalan timbul imbas aktivitas yang mendatangkan tumpukan uang tersebut. Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari pun menerbitkan aturan untuk itu.

Yakni Keputusan Bersama Petinggi Kampung Tiong Ohang, BPK Kampung Tiong Ohang Dan Lembaga Adat Kampung Tiong Ohang. Disusun setebal 25 halaman dengan 17 pasal dalam 7 bab.

“Ada surat edarannya. Kami akan sosialisasikan pada warga kampung,” ungkap Yohanes Singaq, Penjabat Kepala Kampung atau Petinggi Long Penaneh 3 yang mendapat surat edaran bersama lima petinggi lainnya.

Aturan yang ditetapkan pada 22 Februari 2022 itu ditandatangani Aron Divon selaku Ketua BPK, Tipung Irang sebagai Petinggi dan Baing Puhi yang menjabat Ketua Adat.

Keputusan bernomor: 001/KPTS-BLK/TO-APA/II/2022 itu Tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kegiatan Usaha Tambang Tradisional Skala Kecil Dalam Wilayah Hukum Adat Kampung Tiong Ohang.

“Dibentuk Tim Khusus yang disebut sebagai Tim Pemungut Upeti berisi tujuh orang,” kata Penjabat Petinggi Tiong Ohang, Tipung Irang pada Rabu, 23 Maret 2022 di Tiong Ohang.

“Sudah lama ada tim itu, tapi dasarnya hanya PerKam (Peraturan Kampung) dan kurang kuat. Itu pun belum lihat sampai hari ini. Aturan itu juga atas saran dan ide para tokoh, dari Pak Paron Tingang (mantan Petinggi Tiong) juga,” imbuhnya.

Tim Khusus, lanjut Tipung, akan ditugaskan untuk meninjau, memantau dan mengawasi aktivitas penambangan emas. Mereka akan mengumpulkan data serta bukti di lokasi kegiatan usaha tambang rakyat. Baik yang menggunakan mesin skala kecil dan sederhana, juga yang memakai dulang.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here