Hits: 0

Pagi Tadi Mendarat di Melalan

Manajemen Xpress Air dan Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan RI, beserta pihak Bandara Melalan Kabupaten Kutai Barat, saat pendaratan perdana Xpress Air, Sabtu 3/2/2018 sekira pukul 10.15 Wita. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Perusahaan penerbangan Xpress Air yakin akan dapat melayani penumpang dari dan ke Bandara Melalan Kabupaten Kutai Barat pada Pebruari 2018 ini. Optimisme itu dilontarkan meski masih 5 jenis perizinan yang harus dikantongi untuk membuka rute Melalan-Balikpapan atau Melalan-Samarinda sebaliknya.

Pagi tadi Xpress Air melakukan penerbangan uji coba dan mendarat di Bandara Melalan sekira pukul 10.15 Wita. “Masih 5 perizinan yang harus diurus. Saat ini telah masuk ke fase Froving Flight. Yang kami tunggu adalah izin sertifikasi dan izin rute,” jelas Bambang Irwanto, Direktur Operasi Xpress Air di Bandara Melalan.

Pesawat Xpress Air mendarat perdana di Bandara Melalan, Sabtu 3/2/2018 pagi tadi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Bambang Irwanto mengaku, untuk penerbangan komersil secara umum, masih menunggu izin khusus dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia. Setelah mengantongi izin sertifikasi dan izin rute, dapat melakukan penerbangan komersial untuk angkutan penumpang.

“Tapi tidak perlu kuatir, Insha Allah dalam bulan ini Xpress Air sudah akan memulai penerbangan komersial setiap hari dari dan ke Bandara Melalan,” katanya.

Ketua Tim Sertifikasi Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Rudi Richardo menyebutkan, penerbangan perdana Xpress Air pagi taedi merupakan uji coba armada. Sekaligus memantau kelayakan mesin dan badan pesawat yang bakal dipakai sebagai angkutan umum udara dari dan ke daerah se-Indonesia. Itu sebabnya, penerbangan perdana tadi tidak mengangkut penumpang umum. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here