Hindari Hura-hura Dengan Baca Yasin dan Doa Bersama

Kepala Staf Kodim 0912/Kutai Barat, Mayor Infanteri Wahyudi, memberi pencerahan usai Salat Asar di Musala Nur Muhammad, Makodim, Rabu 20/9/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sesuai perhitungan, Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1439 Hijriah, jatuh pada Kamis 21/9/2017 besok. Mengawalinya, para Perwira di Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat menunaikan ibadah salat Asar berjemaah di Musala Nur Muhammad, Makodim 0912/KBR. Bersama 40 personel, dilanjutkan dengan membaca Surah Yasin dan Doa bersama.

Dikatakan Kepala Staf Kodim 0912/KBR, Mayor Infanteri Wahyudi, berkumpul dan beribadah di musala itu, dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah. Karena memasuki tahun baru adalah setelah Salat Asar.

Sehingga dilaksanakan Yasinan bersama dan doa akhir tahun, yang diharapkan menjadi kegiatan rutin atau menjadi tradisi di satuan. “Menyambut Tahun Baru bukan dirayakan berhura-hura seperti merayakan tahun baru masehi. Tapi menyambut Tahun baru Islam, kita isi dengan doa bersama,” jelas Mayor Wahyudi.

Usai Salat Asar, dilanjutkan dengan pembacaan Yasin dan Doa bersama. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Hadir dalam kegiatan sore tadi itu, Kapten Inf Sartono (Pasi Ops Kodim), Kapten Inf Pujang (Pasi Pers), Kapten Inf Rokim (Pasi Intel), Kapten Arm Sarifudin (Danramil 0912-12 Melak) dan Kapten Arm Sutrisno (Danramil 0912-13 Barong Bongkok).

Untuk diketahui, Tahun Baru Islam merupakan hari penting dan bersejarah bagi umat Islam. Ditandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari Kota Mekkah ke Madinah, pada tahun 622 Masehi.

Merayakan atau memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram Hijriah, hakikatnya adalah mengenang kembali peristiwa hijrah. Sekaligus mendalami makna hijrah dan pengamalannya masa kini.

Kalender Hijriah yang menjadi sistem penanggalan kaum Muslim ini, menjadikan hijrah sebagai awal perhitungan tahun dalam Islam. Kita pun sering mendengar atau membaca istilah “Tahun Kedua Hijrah” dan semacamnya. #Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here