Hits: 1

Didukung Partai Demokrat, Gerindra dan Golkar

2807_Pasangan Amantius Ugai dan Muri menyerahkan berkas kepada Ketua KPU Kubar FX Irianto
NON PARTAI : Pasangan Amantius Ugau dan Muri menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPU Kubar FX Irianto, Selasa (28/7/2015).    HENDRI PHILIP/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Hari terakhir pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2016-2021, dua pasangan calon kembali mendaftar ke KPU Kutai Barat. Diawali dengan pasangan Amantius Ugai dan Muri yang mencoba peruntungan dari jalur perseorangan atau independen. Disusul pasangan Rama Alexander Asia dan Muhammad Djailani yang diusung tiga partai politik peraih lima kursi di DPRD Kubar.

Ugau-Muri mendatangi kantor KPU Kubar di perkantoran Bupati Kubar di Sendawar sekitar jam 12 siang, Selasa (28/7/2015). Dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam senada, pasangan ini diterima Ketua KPU Kubar FX Irianto dan jajaran staf. Pasangan yang telah menyerahkan 18.155 salinan KTP, Senin (15/6/2015) lalu. Jumlah itu mencapai 11,63 persen dari jumlah penduduk Kubar yang mencapai 156.130 jiwa.

Dua jam lebih setelahnya, Rama dan Djailani mendatangi kantor KPU Kubar. Kedua tokoh berlatarbelakang Birokrat ini didukung tiga parpol. Yakni Partai Demokrat dan Gerindra yang masing-masing memiliki dua kursi di DPRD Kubar, serta Golkar dengan satu kursi. “Jadi sampai hari terakhir pendaftaran, sudah ada empat pasangan calon yang mendaftar. Sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon, harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Undang-undang dan Peraturan KPU,” kata FX Irianto.

2807_Rama Asia dan Djailani mendaftar ke KPU Kubar
SEDERHANA : Rama Alexander Asia dan Muhammad Djailani resmi mendaftar ke KPU Kutai Barat untuk maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2016-2021.    HENDRI PHILIP/KabarKubar.com

Rama Asia adalah Penjabat Bupati Kubar pada tahun 1999 sampai 2000. Kemudian terpilih sebagai Bupati Kubar pada pemilihan Bupati Kubar tahun 2001 yang dilaksanakan DPRD Kubar. Rama didampingi Ismael Thomas sebagai Wakil Bupati Kubar yang saat itu juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar.

Pada Pilkada Kubar tahun 2006, Rama maju bersama Encik Mugnidin. Namun kalah dari pasangan Ismael Thomas dan Didik Effendi. Tahun 2011, Rama Asia kembali mencoba peruntungan dengan menggandeng Abdul Azizs di Pilkada Kubar. Namun keberuntungan masih berpihak kepada pasangan Thomas-Didik. Djailani sendiri terakhir menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim. Ia mengajukan pensiun dini agar dapat maju di Pilkada Kubar, 9 Desember 2015 ini.

Irianto menjelaskan, setelah pendaftaran ditutup, Rabu (29/7/2015) besok akan dilakukan tes kesehatan bagi seluruh pasangan secara berurutan di RSU Harapan Insan Sendawar. Selanjutnya kepada paslon yang melakukan perbaikan data, maka batas terakhir pada 4-7 Agustus mendatang. Pada 24 Agustus dijadwalkan sebagai hari penetapan pasangan calon.

Berikut pasangan calon yang telah mendaftar:

  1. Abed Nego dan Syaparudin dari jalur independen.
  2. FX Yapan dan Edyanto Arkan yang diusung PDIP (14 kursi), PAN (2 kursi), PKB (2 kursi), Hanura (1 kursi) dan PKS (1 kursi).
  3. Amantius Ugau dan Muri dari jalur independen.
  4. Rama Alexander Asia dan Muhammad Djaelani yang diusung Partai Demokrat (2 kursi), Gerindra (2 kursi) dan Golkar 1 kursi).   #Hendri Philip

Comments

comments

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here