Hits: 0

Bupati Mengajak Mahasiswa Lebih Terampil

Temu Publik Politeknik Sendawar di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Selasa 12/9/2017, dihadiri para pemerhati pendidikan, tokoh masyarakat, Kepala OPD, dan sekitar 450 orang lainnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Direktur Politeknik Sendawar, Deansius, ada sejumlah kendala dihadapi dengan banyaknya tuntutan dalam perkembangan Kabupaten Kutai Barat. Salah satunya, kebutuhan hadirnya Poli atau jurusan baru, untuk menjawab permintaan industri yang terus berkembang. Meskipun saat ini telah berstatus Akreditasi B, sehingga memenuhi syarat sebagai perguruan tinggi yang mampu bersaing.


“Seiring dengan itu, perlu penambahan dosen. Kami juga terus meningkatkan kualitas pendidikan para Dosen, di tengah minimnya anggaran Politeknik Sendawar,” ungkapnya, Selasa 12/9/2017 saat Temu Publik Dalam Rangka Dies Natalis ke-XII Polteknik Sendawar Tahun 2017 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, siang tadi.

Temu Publik bertema ‘Menjadi Politeknik Yang Unggul Dalam Pendidikan Vokasi Untuk Meningkatkan Kualitas Sdmn Yang Bersinergi Dengan Pemerintah Dan Swasta, Dalam Upaya Menuju Kabupaten Kubar Hari Esok Lebih Baik Dari Pada Hari Ini’. Dihadiri sekitar 450 orang yang terdiri dari sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Perbankan, Camat, Kepala Sekolah dan masyarakat. Ada juga perwakilan Kodim 0912/KBR, Polres Kubar dan TNI AU, serta sejumlah perusahaan.

Project Manager PT Gunung Bara Utama, Muhammad Ananda, menandatangani Perjanjian Kerjasama Beasiswa dengan Direktur Politeknik Sendawar, Deansius, dihadapan Bupati Kubar FX Yapan dan Sekkab Kubar Yacob Tullur. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Deansius berharap kerja sama para pemangku kepentingan di Kubar. Agar perguruan tinggi satu-satunya di Kubar ini dapat terus berkontribusi meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Politeknik Sendawar ini bisa menjadi unggul, apabila ada bantuan atau partisipasi serta kerja sama Pemerintah dan pihak swasta. “Kita mempunyai target di tahun 2020, Politeknik Sendawar harus mampu menjadi Politeknik yang unggul dan maju,” jelasnya.

Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, menyebut ada 3 pilar untuk dalam menata keseimbangan dengan harapan masyarakat yang tinggi. Yakni, Pilar Pembangunan, Pemerintah, Masyarakat dan Swasta. Pendidikan, merupakan kesatuan dengan kesehatan. Sebab menciptakan SDM berkulitas diawali SDM yang sehat.

“Jika kita tidak memerhatikan kulitas kesehatan masyarakat, maka SDM bukan lagi jadi modal pembangunan bagi kita, tetapi jadi bencana. Jadi kita bersama-sama mengutamakan pendidikan dan kesehatan yang ditambah iman,” paparnya.

Bupati Kubar, FX Yapan, menargetkan di tahun 2030, masyarakat Kubar bukan lagi sebagai objek pembangunan, tapi sudah menjadi subjek pembangunan. Dengan bermodalkan 5M, yaitu Mendengarkan, Melihat, Merasakan, Menganggarkan dan Melaksanakan.

Ia mengaku sangat bangga adanya Politeknik Sendawar di Kubar. Pemkab Kubar mendukung untuk terus maju dan berkembang menjadi Politeknik yang unggul. “Saya harap pemerintah, masyarakat dan pihak swasta bekerjasama untuk membantu mengembangkan dan memajukan Politeknik Sendawar ini,” katanya.

Politeknik Sendawar diharapkan membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan. Untuk menyusun strategi, bagaimana Politeknik bisa menjadi bagian tercapainya Visi Kubar. Yakni, Adil Mandiri Sejahtera dengan Berlandaskan Pada Peningkatan Kualitas SDM dan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan.

Di akhir acara, ditandatangani Surat Perjanjian Kerjasama Beasiswa antara Direktur Politeknik Sendawar dengan PT Gunung Bara Utama yang diwakili Muhammad Amanda selakut Project Manager Site Melak.

Penulis: Lilis Sari
Editor: Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here