Hits: 0

Petinggi Diminta Dukung Visi-Misi Pemkab

Bupati Kutai Barat, Ismael Thomas. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Bupati Kutai Barat, Ismael Thomas, mengimbau seluruh Petinggi (kepala kampung) dapat mendukung visi dan misi pembangunan yang dijalankan pemerintah selama ini. Terlebih visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kubar tersebut bertopang pada ekonomi kerakyatan. Sejak 2015, pembangunan ekonomi masyarakat di kampung-kampung semakin gencar berkat dukungan Alokasi Dana Desa dari pusat.

Thomas mengimbau para petinggi se-Kubar benar-benar mampu membangun ekonomi masyarakat dengan membuat Usaha Bersama Kampung. “Sesuai visi-misi selama dua periode menjabat hingga penghujung 2015 ini, saya bersama wakil bupati mencanangkan gerakan ekonomi kerakyatan itu,” katanya saat melantik 51 Petinggi dari 190 kampung di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, baru-baru ini.

Dikatakannya, ADD tersebut akan ditransfer oleh pusat pada Mei mendatang. Sehingga dengan pengelolaan yang baik ditambah Alokasi Dana Kampung dari APBD Kubar, dia meyakini masyarakat akan menjadi sejahtera. Diakuinya sarana prasarana dan infrastruktur kemasyarakatan di kampung se-Kubar cukup memadai. Meskipun, selama ini hanya ADK yang sudah tersalur.

Diimbau agar dengan ADD para petinggi dapat membuat UBK bersama masyarakat. “Mulai tahun ini pemkab akan menyalurkan bibit kelapa sawit ke kampung se-Kubar,” ujarnya.

Bupati mengakui, Petinggi yang baik mampu membangun ekonomi masyarakatnya selaras dengan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kubar. Sebab para Petinggi yang merupakan ujung tombak pembangunan masyarakat, harus mengetahui potensi sumber daya yang dapat dikembangkan. Jika ADK ditambah ADD, berarti setiap kampung mendapat kucuran sekitar Rp 400 juta setiap tahun mulai 2015 ini.

“Lihat potensi sumber daya di daerah masing-masing. Usaha bersama dapat dikembangkan sebagai sumber penghasilan masyarakat, sehingga kesejahteraan yang selama ini diharapkan bisa terwujud,” jelas Thomas. #Imran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here