Hits: 0

Berharap DPP Terbitkan SK

1405_Nasdem dan Golkar ke Yapan

BARONG TONGKOK – Terancam tidak dapat berpartisipasi langsung di Pemilhan Kepala Daerah di Kutai Barat, Desember 2015 ini, DPD II Partai Golongan Karya Kubar tidak pupus harapan. Figur yang dinilai layak untuk diusung sebagai Calon Bupati Kubar tetap disaring untuk nantinya direkomendasikan ke DPP di Jakarta. Nama yang menguat dalam internal Golkar Kubar adalah Fransiskus Xaverius Yapan.

Menurut Sekretaris DPD II Golkar Kubar, Yafet Titus, partainya sedang menunggu hasil gugatan sengketa kepengurusan DPP Golkar di Pengadilan Tata Usaha Negara. Sehingga belum ada kegiatan yang mengarah ke Pilkada Kubar. Jika ditanya siapa tokoh yang dijagokan Golkar Kubar untuk menduduki kursi orang nomor satu di Tanaa Purai Ngeriman, ia menyebut nama FX Yapan. “Kemungkinan besar ke Yapan,” katanya.

Meraih satu kursi di DPRD Kubar periode 2014-2019, Golkar memang tidak memenuhi syarat untuk dapat mengusung sendiri calon pemimpin Kubar. Partai berlambang pohon beringin ini harus menjalin koalisi dengan partai politik lainnya.

Kabar adanya Caretaker kepengurusan Golkar Kubar yang menunjuk H Asnawi Muhammad selaku Ketua DPD II Golkar Kubar, diakui Yafet. Hanya saja, kepengurusan yang dibentuk kubu Aburizal Bakri melalui Mukmin Faisyal selaku Ketua DPD I Golkar Kaltim disebut akan bubar dengan sendirinya jika gugatan di PTUN gagal. “Kita maunya persoalan dualisme segera berakhir, agar Golkar bisa ikut mengusung calon bupati di Kubar,” jelas pria yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2004-2009.

Terpisah, Ketua DPC Partai Nasional Demokrat Rudolf Otniel Sumual, mengungkapkan hal yang sama. Nama FX Yapan menjadi figur terbaik dari aspirasi di kader maupun simpatisan partainya. Meski tidak meraih satu pun kursi di DPRD Kubar pada Pemilihan Legisltif, April 2014 lalu, Yapan telah melamar Nasdem Kubar. Bahkan diakui Rudolf, hanya Yapan yang mendaftarkan diri sebagai Balon Bupati Kubar ke parpol besutan Surya Paloh itu. “Beliau (Yapan) mendaftar 22 Maret 2015 lalu dan berkasnya telah dibawa ke pusat (DPP Nasdem),” ungkapnya di kediaman, Busur Kelurahan Barong Tongkok.

Pria yang akrab disapa Dolop ini memastikan keputusan DPP Nasdem untuk calon yang akan didukung Nasdem Kubar telah terbit sebelum 26 Juli 2015 ini. Sebab hari itu jadwal KPU Kubar menerima pencalonan dari parpol maupun calon independen. Dengan perolehan suara sekitar 3,5 persen dari total 82.289 suara sah di Pileg 2009, Nasdem akan ikut menjadi penentu kemenangan bagi calon didukungnya. “Akar rumput lebih memilih pak Yapan, karena dikenal sangat bermasyarakat. Apalagi sudah memasuki periode ketiga menjabat Ketua DPRD Kubar, sangat mengenal situasi dan kondisi Kubar. Jadi beliau ini sangat pantas menjadi Bupati Kubar,” ujarnya.    #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here