Hits: 4

Awal tahun 2021 akan bagikan paket di Ring 2 perusahaan

Disaksikan Prajurit TNI, bantuan berupa sembilan bahan pokok atau sembako dari PT Trubaindo Coal Mining diserahkan melalui masing-masing pemerintah kampung setempat. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang masih masif di Kabupaten Kutai Barat, menjadi masalah yang semestinya dipikirkan semua pihak. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara, PT Trubaindo Coal Mining, pun kembali menunjukkan keprihatinan. Sebanyak 6.000 paket bantuan berupa bahan pangan kembali dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Paket yang masing-masing berisi beras, gula, kopi, teh dan minyak goreng itu diserahkan kepada warga di 20 kampung dalam wilayah empat kecamatan di Kubar. Yakni Kecamatan Bentian Besar, Damai, Muara Lawa, dan Melak.

“Paket bantuan telah dan akan diserahkan untuk masyarakat di 20 kampung binaan yang berada di seputar areal operasional perusahaan,” ujar Jones Silas, Department Head Community Development PT Trubaindo Coal Mining (TCM) pada Jumat, 22 Januari 2021.

Dijelaskannya melalui Kristinawati selaku Humas TCM, akibat pandemi Covid-19, banyak hal yang terjadi di luar kendali dan rencana perusahaan. Hal itu juga sangat berpengaruh di tengah masyarakat yang terdampak dari pandemi.

Melihat kondisi ini, manajemen PT TCM mengambil langkah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di 20 kampung binaannya. “Memang mungkin tidak semua orang bisa dapat. Namun daftar penerima diatur oleh masing masing pengurus kampung setempat,” katanya.

Kristinawati menuturkan, bantuan sudah diserahkan kepada masyarakat di 10 kampung binaan pada akhir tahun 2020. Yakni kampung yang masuk dalam kategori Ring 1 atau terdekat dari areal operasional perusahaan. Kampung tersebut adalah Besiq, Bermai, Muara Begai, Muara Lotaq, Mendika, Damai Seberang, Muara Bunyut, Dilang Puti, Penarong, dan Suakong.

Selanjutnya di awal tahun ini akan mendistribusikan ke 10 kampung yang masuk kategori Ring 2. Bantuan diserahkan Tim Community Development TCM langsung ke kantor-kantor pemerintah kampung dengan didampingi berbagai pihak. Salah satunya, Prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa atau Babinsa.

Bantuan bahan pangan diserahkan di Kantor Pemerintah Kampung Besiq, Kecamatan Damai oleh Tim Community Development PT TCM yang dipimpin Jones Silas selaku Department Head Community Development. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

“Kami berharap, bantuan ini dapat meringankan beban dan sedikit membantu kebutuhan pokok masyarakat. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” ungkapnya.

Atas bantuan tersebut, Karya Musni selaku Kepala Kampung Muara Lotaq mengucapkan terima kasih. Sebanyak 320 paket yang diterima dari TCM telah dibagikan kepada warga yang tersebar di tiga Rukun Tetangga. “Kami hanya menerima dari TCM dan masih ada sisa 15 paket. Dari perusahaan lain belum ada bantuan,” katanya kepada KabarKubar.

Karena angka terkonfirmasi Covid-19 masih terus meningkat, TCM tetap memberlakukan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di wilayah kerjanya. Seluruh manajemen dan pekerja tambang, ditegaskan untuk mengikutinya.

Imbauan kepada masyarakat, khususnya di seputar areal operasional perusahaan juga terus dilakukan. “Mari tetap jalankan protokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Tetap sehat dan tetap produktif ya,” pesan Kristinawati. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here