Hits: 0

Kinerja Prajurit TNI Mendukung Upsus Pajale

Panen Raya di Persawahan Rapak Oros Kampung Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung, Kamis 1/3/2018, menghasilkan 240 ton gabah kering. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Para petani di persawahan Rapak Oros di Kampung Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung melakukan panen bersama, Kamis 1/3/2018 kemarin. Dari 60 hektar sawah yang dipanen, menghasilkan masing-masing 4 ton gabah kering. Panen raya sebanyak 240 ton itu merupakan kerja keras para petani yang didamping Prajurt TNI dari Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat.

Menurut Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, jenis padi yang dipanen ada dua. Yakni Padi Jawaq dan Pelita. Gabah kering dikumpulkan di rumah para petani, karena lumbung padi yang ada di Rapak Oros belum bisa digunakan. “Lumbung padinya masih digunakan untuk penyimpanan alat pertanian,” ujarnya usai ikut memanen padi.

Ia menjelaskan, partisipasi Prajurit TNI membantu para petani, adalah menyukseskan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian. Yakni program Upaya Khusus swasembada pangan 2015-2017 dengan fokus tiga komoditas, yaitu padi, jagung, dan kedelai. “Yang disebut dengan Program Upsus Pajale,” kata Mayor Wahyudi.

Terpisah, Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan mengatakan, Kodim 0912/KBR membuka pintu bagi masyarakat untuk datang berkoordinasi dengan TNI. Terlebih para petani yang ingin hasil panen di kebun atau sawahnya lebih baik dari sebelumnya. Sebab TNI juga memiliki tugas untuk mendampingi petani di seluruh Indonesia.

Kerja keras petani di Rapak Oros yang didampingi para Prajurit TNI dari Kodim 0912/KBR, menghasilkan panen yang memuaskan dalam dua jenis padi. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

“Kalau ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan kami, silahkan datang ke Kodim untuk berkoordinasi. Demi kemajuan masyarakat Kutai Barat,” ujarnya di ruang kerja, Jumat 1/3/2018.

Dandim menjelaskan, sudah ada nota kesepahaman antara TNI dengan pemerintah. Guna meningkatkan produksi pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan. Ditunjukkan juga sinergitas berupa program pendampinganTNI dalam Upsus Pajake di Kubar. “Demi menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk pertahanan Negara dan tegaknya NKRI. Serta meraih ketahanan pangan nasional dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” jelas Letkol Rudi Setiawan.

Panen Raya tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kubar Finsen Allotodang dan Danramil 0912-12 Barong Tongkok Kapten Infanteri Adetiana. Ada juga Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Hewan Distan Kubar Sapriansyah, Kepala Bidang Perkebunan Distan Kubar Setianus, serta Kepala Bidang Pertanaman Pangan Dan Hortikultura Distan Kubar Irawati.

Hadir pula Sekretaris Camat Linggang Bigung Heni, Ketua Balai Pertanian Kec. Linggang Bigung Inalpi, Petinggi Linggang Amer Suhardi, dan Ketua Gapoktan Maju Bersama Suwungli. #Kelvin Nurdin

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here