Gelar Apel Sebelum Turun ke Rumah Ibadah

Waka Polres Kubar, Kompol Sukarman bersama sejumlah perwira pertama dan bintara turut dalam pengamanan Gereja Katolik Santo Thomas pada Minggu, 15 Maret 2020. BRIPDA AGUS PURNOMO/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Kepolisian Resor Kutai Barat terus mengupayakan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. Khusus untuk ibadah atau kebaktian umat Nasrani setiap hari Minggu, ada personel yang ditempatkan di gereja-gereja. Hal itu sudah menjadi prosedur tetap yang dijalankan atas instruksi pimpinan tertinggi Kepolisian Republik Indonesia.



“Hari minggu merupakan hari dimana umat nasrani melaksanakan ibadah, di Kubar dan Mahakam Ulu mayoritas penduduknya nasrani, jadi setiap minggu kita mengadakan apel dalam rangka pengamanan ibadah,” ujar Wakil Kepala Polres Kubar, Komisaris Polisi Sukarman, saat memimpin Apel Pengamanan Gereja pada Minggu, 15 Maret 2020 di halaman Markas Komando Polres Kubar.
Dihadiri seluruh pimpinan satuan dan personel Polres Kubar, Kompol Sukarman mengatakan, pengamanan kegiatan ibadah setiap hari Minggu merupakan hal yang rutin dilakukan. Demi memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat yang beribadah.
Komisari Polisi Sukarman saat memantau tugas anggota Polres Kubar di salah satu gereja di kawasan Barong Tongkok. BRIPDA AGUS PURNOMO/KABARKUBAR.COM

“Hari Minggu merupakan hari di mana umat Nasrani melaksanakan ibadah, terutama di Kubar dan Mahakam Ulu yang mayoritas penduduknya beragama Nasrani. Jadi setiap Minggu kita mengadakan apel dalam rangka pengamanan ibadah,” katanya dalam arahan.
Usai apel, masing-masing personel bergegas menuju lokasi penempatan tugas pengamanan yang ditentukan sesuai surat perintah. Mereka yang bertugas, dituntut untuk selalu waspada dan jeli terhadap situasi serta potensi kerawanan yang muncul saat bertugas.
Tidak terkecuali Kompol Sukarman. Perwira berpangkat melati satu itu berkeliling menuju gereja-gereja untuk mengecek kesiapan anggota di lapangan. Sekaligus memberikan semangat moril kepada anggota yang bertugas.



“Jika ada yang mencurigakan, warga silahkan menghubungi petugas yang berjaga. Kami siap melayani masyarakat sesuai perintah dan tugas kami,” jelas Kompol Sukarman yang pernah menjabat Waka Polres Penajam Pasir Utara. #Bripda Agus Purnomo/Humas Polres Kutai Barat

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here