Hits: 29

Baru Selesai Dicat dan Mau Pasang Bak di Linggang Bigung

Truk bak terbuka oleng dan menabrak tiang Telkom di Jalan Poros Barong Tongkok-Linggang Bigung, tepatnya di kawasan Balok Asa pada Rabu, 21 April 2021. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Satu unit dump truck jenis Mitsubishi 120 PS tanpa bak, mengalami kecelakaan lalu lintas di ruas jalan poros Barong-Linggang Bigung. Laka lantas tunggal itu terjadi di wilayah Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok, pada Rabu, 21 April 2021 sekira pukul 16.10 Wita.

Menurut Rudi, warga Kampung Purwodadi, Kecamatan Linggang Bigung, laka lantas terjadi lantaran Tie Rod truk tersebut patah. “Truck ini baru saja di deko (dicat ulang). Rencana saya bawa ke Bigung buat pasang baknya. Belum sampai Bigung malah patah tie rod,” ujarnya.

Tie rod merupakan bagian dari sistem kemudi. Fungsinya meneruskan putaran kemudi ke roda kanan dan kiri, sehingga dapat berbelok ke kanan dan ke kiri. “Saya bawa truknya pelan saja. Tapi tiba-tiba tidak bisa dikendalikan. Saya injak rem, juga tetap tidak mau berhenti. Hingga menabrak tiang telkom, terus rebah,” katanya.

“Terima kasih kepada semua orang yang sudah bantu saya,” imbuh pria yang juga pemilik truk tersebut.

Warga setempat dan pelintas ikut membantu mengevakuasi truk yang nyungsep di tepi jalan. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Sejumlah saksi mata menuturkan, truk yang dikemudikan Rudi melaju dengan kecepatan sedang dari arah Barong Tongkok menuju Linggang Bigung. Namun seketika tak terkendali, dan menabrak tiang Telkom yang berada di sebelah kiri bahu jalan. Truk tanpa bak itu pun terguling.

Mengetahui kejadian itu, warga setempat serta pengguna jalan yang sedang melintas pun berhenti dan langsung memberikan pertolongan. Beruntung pengemudi tidak mengalami luka yang serius akibat laka lantas itu.

Sementara truk yang melintang separuh badannya di jalan, tampak penyok di beberapa bagian kabinnya. Arus lalu lintas sempat tersendat, namun tidak berselang lama truk tersebut bisa dievakuasi berkat bantuan warga.

“Saya dari arah Bigung ke Barong, dari jauh saya lihat truk, hanya sepersekian detik saya menoleh ke kiri, begitu melihat ke depan, truk itu sudah masuk hutan dan rebah,” kata Kornelius, seorang saksi mata.

Hal senada diungkap Yanto yang kebetulan berkendara tidak jauh di belakang truk yang terguling. “Saya lihat tiba-tiba truk di depan oleng, tidak lama langsung rebah,” katanya. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here