Hits: 1

Bupati Minta Jadikan Cambuk Semangat Untuk Bangkit Melawan Covid-19

Camat Barong Tongkok, Denasius, bersama sejumlah pegawai mengikuti upacara bendera secara online pada Senin, 17 Agustus 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Ada yang unik dalam peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Jika biasanya halaman Kantor Bupati Kutai Barat dipadati peserta upacara peringatan detik-detik proklamasi, hari ini tampak lengang. Bukan karena jiwa patriotisme sudah pudar, tapi pandemi Corona Virus Disease 2019 yang menghalang.



“Tetap semangat ikuti upacara. Memang lebih sreg kalau langsung di lapangan upacara, dengan banyak orang. Tapi ini pun saya rasa sama saja, semangat’45 tetap di hati,” ungkap Yakobus Yamon, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat pada Senin, 17 Agustus 2020.

Semangat yang sama ditunjukkan pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kubar yang mengikuti upacara bendera dari dalam ruangan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Hal yang sama dikatakan Camat Barong Tongkok, Denasius. Mengikuti upacara secara dalam jaring atau online, tidak mengurangi jiwa patriotisme. Berbaris dan duduk dalam ruangan pertemuan di Kantor Camat Barong Tongkok, upacara diikuti lewat layar lebar yang dipancarkan dari komputer.

“Maunya ikut baris di lapangan. Tapi kan peserta dibatasi, karena wabah corona belum hilang. Bahkan jumlah terkonfirmasi positif terpapar malah terus bertambah. Jadi pengalaman unik buat kita, upacara dalam ruangan,” katanya kepada KabarKubar.

FX Sumardi mengaku ada semangat tersendiri dalam upacara online hari ini. Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kubar ini merasa tidak mengurangi nilai-nilai patriotisme.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Terutama para pemuda, jangan sampai lupa perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia kita ini. Apalagi hanya persoalan letak kita berbaris. Di manapun, kapanpun, tetap semangat menghadap merah putih,” kata pria yang pernah menjabat Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kubar selama dua periode.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi secara online. Bagi para pejabat eselon di tiap Organisasi Perangkat Daerah melalui video conference menggunakan aplikasi Zoom. Sedangkan untuk staf ASN atau PNS dan Honorer serta masyarakat melalui live streaming menggunakan Youtube Diskominfo Kubar.

Dipimpin Bupati Kubar, FX Yapan, sebagai Inspektur Upacara yang didampingi Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan. Dihadiri Ketua DPRD Kubar Ridwai, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi, dan Sekretaris Kabupaten H Achmad Sofyan. Turut hadir sejumlah Kepala OPD dengan peserta apel dari institusi TNI, Polri dan Satpol PP.

Meski suasana berbeda, semangat patriotisme tidak pudar untuk mengikuti upacara bendera dari ruang pertemuan Kantor Camat Barong Tongkok. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Usai upacara, bupati berharap, melalui momen Peringatan Ulang Tahun RI ke 75 tahun 2020 ini, semangat masyarakat harus tetap menyala. Sebagai suatu bangsa, harus bisa berdikari, berdaulat dan berbudaya. “Kita jadikan momen perayaan kemerdekaan di tengah pandemi ini ini menjadi cambuk semangat. Untuk bangkit melawan Covid-19 dengan cara disiplin mentaati protkol kesehatan,” pesan Yapan.



Diakhir apel, dilakukan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya bagi PNS di lingkungan Pemkab Kubar dan pemberian santunan kepada para Veteran. Serta penyerahan secara simbolis dalam gerakan menggunakan masker serentak bagi petugas kesehatan di Kubar, Kader PKK, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0912/KBR dan Bhayangkari Polres Kubar. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here