Harus Kumpulkan Dukungan 5.000 KTP

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat, Jackson John Tawi, menyerahkan surat keputusan Rapat Kerja Cabang Khusus berisi tiga nama yang diajukan menjadi bakal calon DPRD Kaltim kepada Veridiana Wang selaku utusan dari DPD PDI Perjuangan Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Rapat Kerja Cabang Khusus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kutai Barat menetapkan tiga nama yang akan dibawa ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur. Mereka adalah figur yang diajukan kader dari 16 kecamatan di Kubar. Ketiganya diyakini sebagai yang terbaik untuk menjadi ‘Wakil Rakyat’ di Gedung DPRD Kaltim. Pilihan para kader itu disampaikan melalui 16 Ketua Pimpinan Anak Cabang PDI Perjuangan Kubar.

Sosok pertama adalah Veridiana Huraq Wang. Wanita asal Kampung Tering Lama Kecamatan Tering ini, saat ini menduduki posisi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kaltim. Ia telah duduk di Gedung Karang Paci (Kantor DPRD Kaltim) sejak periode 2004-2009. Di periode 2009-2014 kembali masuk di barisan 55 anggota DPRD Kaltim dari daerah pemilihan yang sama, yakni Kubar dan Kutai Kartanegara. Dan periode 2014-2019 juga terpilih kembali menjadi Wakil Rakyat dari dappil Kukar, Kubar dan Mahakam Ulu.

Di internal PDI Perjuangan, Putri dari Kepala Adat Besar Kecamatan Tering Cornelius Wang Long ini, pernah menjabat Bendahara DPD PDI Perjuangan Kaltim. Saat ini, Veridiana Wang yang berlatarbelakang guru di Samarinda, menjabat Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum DPD PDI Perjuangan Kaltim.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat, Jackson John Tawi memberikan kesempatan kepada forum untuk menyebutkan nama-nama yang dipilih untuk disampaikan ke DPD PDI Perjuangan Kaltim. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kandidat kedua adalah Martinus yang berlatarbelakang pendidikan Sarjana Teknik Sipil. Pria yang pernah menjadi Ketua Komite Nasional Indonesia Kubar ini, kini duduk sebagai anggota DPRD Kaltim. Ia telah memasuki Gedung Karang Paci sejak terpilih pada Pemilihan Legislatif tahun 2009.

Figur ketiga adalah Rusda Hamdadi. Pria yang menjabat Ketua PAC Kecamatan Long Iram ini merupakan seorang pengusaha di bidang konstruksi dan jasa. Ia dikenal dekat dengan para elit di tubuh PDI Perjuangan, termasuk Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar Ismail Thomas. Uniknya, Rusda pernah menyandang status Pegawai Negeri Sipil dari latarbelakang pendidikannya sebagai Sarjana Kesehatan. Ia kemudian mundur di tahun 2004 untuk mencoba peruntungan sebagai Caleg dari Partai Patriot di dapil Kubar 1. Di Pemilu 2014, ia maju kembali sebagai Caleg dari PDI Perjuangan di dapil yang sama.

“Karena kuota di dapil Kubar dan Mahulu hanya 3 kursi, makanya kita juga mengajukan tiga nama ke DPD. Ini merupakan pilihan arus bawah yang disampaikan secara langsung dalam Rakercabsus tadi,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar, Jackson John Tawi, Kamis 3/5/2018 di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kubar, Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur, Veridiana Huraq Wang, menegaskan jika setiap figur yang diajukan sebagai bakal calon legislatif untuk DPRD Kaltim, agar menyetor 5.000 KTP dukungan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sebagai utusan DPD PDI Perjuangan Kaltim, Veridiana Wang menegaskan jika ketiga nama yang diajukan, termasuk ia sendiri, harus mengikuti aturan partai. Yakni wajib menyetor 5.000 salinan berupa foto asli KTP, sebagai bentuk dukungan kepada bakal caleg tersebut.

Ia mengatakan, pengumpulan KTP tersebut merupakan salah satu bukti jika benar masyarakat menyatakan figur tersebut sebagai pilihannya. “Dan tidak boleh sama KTP-nya dengan yang disetor bakal caleg lainnya. Apalagi jika ganda di daftar dukungan KTP seorang bakal caleg. Ini menjadi sarana Vote Getter (pengumpul suara) bagi figur maupun partai,” jelas Veridiana Wang.

Rakercabsus DPC PDI Perjuangan Kubar dihadiri para elit politik internal partai ‘Banteng Gemuk’ ini. Antara lain Yudi Hermawan selaku Bendahara DPC, Yohanes Mas Puncan Karna yang menjabat Ketua Fraksi DPRD Kubar yang berisi 14 Politisi PDI Perjuangan. Kemudian Yovinus, salah seorang Wakil Ketua DPC yang dikenal sebagai tokoh muda PDI Perjuangan Kubar.

Hadir juga para anggota DPRD Kubar dari PDI Perjuangan, yakni Lusiana Ipin, Yohanes Don Bosko Bulor, Ridwai, Sri Upami, Anita Theresia, Astaman, Jeni Alpiansyah dan Samri Nyirang. Termasuk 16 Ketua PAC, Wakil Ketua DPC dan para pengurus sayap partai. Sedangkan moderator oleh Kim Sianto. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here