Hits: 3

Bupati Berpesan Jaga Keluarga Dari Bahaya Narkoba

Penutupan Pelatihan Hidroponik yang diadakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat, Rabu 27/9/2017 di Gedung PKK Kubar, Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat berharap Pelatihan Hidroponik yang diadakan sejak Senin 25/9/2017 kemarin, membuka wawasan para peserta. Sehingga tidak sia-sia meluangkan waktu selama 3 hari, mengikuti pelatihan di Gedung PKK Kubar, Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah, dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

“Harus bisa menambah informasi, keterampilan hingga keahlian, dan menumbuhkan kreativitas, serta menjadi peluang usaha yang mendukung perekonomian keluarga,” ujar Wakil Ketua Tim Pengerak PKK, Hajah Isdalena Edyanto, Rabu 27/9/2017 saat Penutupan Penguatan Kapasitas Tim Pengerak PKK.

Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Kutai Barat, Hj Isdalena Edyanto, Rabu 27/9/2017 saat Penutupan Penguatan Kapasitas Tim Pengerak PKK. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Saya berharap, ilmu yang telah peroleh melalui Pelatihan Hidroponik selama 3 hari ini, bisa diterima dengan baik dan dapat diterapkan di lingkungan masyarakat masing-masing,” imbuh Kepala Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kubar, Hadi Kristianus, dalam laporannya sebagai Ketua Panitia.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, dan Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur. Tampak juga Asisten I Silas Sinar, Asisten II Yohanes Kinam dan Asisten III Aminuddin, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar. Dan sebagai Narasumber Pelatihan Hidroponik, Eko Cahyono dan Seluruh PKK Kecamatan se-Kubar.

Bupati Kubar, FX Yapan mengatakan, pelatihan tersebut bisa membangun semangat kebersamaan dan meningkatkan kesejahteraan. Sehingga angka pengangguran berkurang dan kreativitas masyarakat bisa menunjang keharmonisan dalam keluarga.

“Saya mengimbau untuk berhati-hati menjaga keluarga, agar tidak terjerat narkoba. Yang sedang marak sekarang ialah PCC, dan juga berhati-hati dalam berkendara karena seringnya terjadi kecelakaan,” ucapnya melalui sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan, Silas Sinar. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here