Hits: 24

71 Perkara Narkotika

Kepala Seksi Tahanan dan Barang Bukti Kejaksaan Negeri Kutai Barat, kjkjaklfjkla memusnahkan barang bukti minuman keras dengan cara dibuang ke selokan. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kejaksaan Negeri Kutai Barat atau Kejari Kubar memusnahkan barang bukti dari sejumlah tindak kriminal yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Khususnya tindak kejahatan yang terjadi selama tiga tahun terakhir. Barang bukti berupa handphone atau telepon seluler dalam perkara Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE ikut dimusnahkan.

Menurut Kepala Kejari Kubar, Bayu Pramesti, barang bukti kejahatan itu terdiri dari narkotika, handphone, dan senjata tajam. Ada juga obat-obatan, minuman, serta jamu yang tidak memiliki Izin edar dan sudah kadaluarsa. Yang dimusnahkan dengan cara di-blender, dibakar dan dibuang ke saluran pembuangan air.

Barang bukti itu diamankan dari berbagai perkara. Antara lain, 71 kasus narkotika, dua perkara senjata tajam, dan dua perkara penganiayaan. Ada juga satu perkara pencurian, satu perkara pemerasan, dan 10 perkara pelanggaran undang-undang kesehatan.

“Ada satu perkara pelanggaran Undang-undang ITE,” jelasnya saat pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan di halaman Kantor Kejari Kubar pada Senin, 6 September 2021.

Bupati Kubar FX Yapan, Ketua DPRD Kubar Ridwai, Waka Polres Kubar Kompol I Nyoman Wijana dan Kepala Kejari Kubar Bayu Pramesti, memusnahkan barang bukti kejahatan dengan cara dibakar pada Senin, 6 September 2021. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Bayu Prasmesti  menambahkan, pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap ini dilakukan di hadapan semua pemangku kebijakan atau stake holder. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kejaksaan dalam penuntasan perkara.

“Sehingga ke depan, Kejaksaan Negeri Kutai Barat, semakin baik dalam penuntasan dan penanganan perkara,” jelas pria yang pernah memimpin Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatera Selatan.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan menyampaikan apresiasi kepada Kejari Kubar yang melakukan tindakan nyata. Serta komitmen dalam memberikan sanksi tegas, dan menjunjung hukum yang berlaku.

Barang bukti narkotika berupa obat-obatan dan sabu dimusnahkan oleh Bupati Kubar dan Kepala Kejari Kubar dengan cara dicampurkan dengan mesin pencampur. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat berharap semua pihak terkait terus meningkatkan kerja sama yang sudah terjalin dalam rangka penegakkan hukum di wilayah Kutai Barat. Guna menunjukkan keseriusan dalam mendidik masyarakat yang sehat, produktif dan berakhlak mulia.

“Terima kasih kepada semua pihak yang tetap bersinergi, termasuk insan pers,” kata bupati dua periode ini.

Kegiatan pemusnahan barang bukti yang dipimpin Kajari Kubar bersama Bupati Kubar, dihadiri Ketua DPRD Kubar, Ridwai. Hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat, DeddyThusmanhadi, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat Kompol I Nyoman Wijana, Perwakilan kodim, Perwakilan Lapas Tenggarong, Kabag Hukum Setkab Kubar, Dinas Kesehatan, Direktur RSUD HIS, Kepala Kanwil Kemenag Kutai Barat. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here