Hits: 0

Kapolres Kubar: “Pancasila adalah Karakter bangsa Indonesia”

Kaur Bin Ops Satbinmas Polres Kutai Barat, Ipda Kalasia, memberi penjelasan dalam Sosialisasi Butir-Butir Pancasila kepada 400 lebih siswa di SMP Negeri 2 Sendawar, Selasa 25/7/2017. BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUBAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Menyadari berkurangnya pemahaman, bahkan pengamalan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar, Polres Kutai Barat tidak berpangku tangan. Hari ini, Selasa 25/7/2017, Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Kubar melaksanakan sosialisasi Pengamalan Butir-Butir Pancasila. Bertempat di gedung Balai Pertemuan Umum SMP Negeri 2 Sendawar.

Kaur Bin Ops Satbinmas Polres Kubar, Ipda Kalasia menjadi narasumber kepada 400 lebih murid di sekolah berlokasi di Jalan M Yamin, Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok. “Kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih dan perhatian institusi kepolisian. Khususnya terhadap usaha pemerintah yang tengah menyosialisasikan pengamalan Pancasila, yang kini ditengarai semakin memudar,” ujarnya.

Sebelum sosialisasi dimulai, Ipda Kalasia menyinggung soal anggota Polisi yang membawa senjata api ketika melakukan pengaturan jalan. Hal itu, kata Kalasia, merupakan standar operasional procedur (SOP) yang sudah benar. Dimana anggota sabhara melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap anggota lalu lintas yang tengah melakukan pengaturan jalan. “Karena sering kita lihat banyak kejadian penyerangan yang dilakukan terhadap polisi ketika tengah melakukan tugas,” katanya.

“Itu adalah bentuk antisipasi dan cara yang kita lakukan untuk melindungi anggota kami. Jadi untuk masyarakat jangan takut atau merasa aneh kepada kami. Karena kami juga harus memperhatikan keselamatan para anggota di lapangan” tegas IPDA Kalasia.



Sosialisasi yang dimulai sekitar jam 8 pagi itu dihadiri juga para guru dan Kepala SMPN 2 Sendawar, Marlan Rikeh. Kasek mengaku sangat senang dengan kegiatan yang berisi kepedulian Polisi untuk membantu para guru dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada murid. Pihak sekolah berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan. Dan ke depannya menjadi kegiatan rutin di sekolah-sekolah, khususnya di SMPN 2 Sendawar.

“Kami mendukung sekali kegiatan dari bapak-bapak polisi ini. Karena ada kepedulian dan rasa ikut tanggung jawab kepada pengamalan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus bangsa ini,” ucap Marlan Rikeh.

Meski berlangsung hingga 2 jam, kegiatan tersebut disambut baik para murid. Mereka terlihat sangat antusias, dan sesekali mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Mereka diharapkan mampu menyerap apa yang telah disampaikan. “Dan yang paling penting bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya,” imbuhnya.

BRIPDA AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUBAR/KABARKUBAR.COM

Terpisah, Kapolres Kubar AKBP Pramuja Sigit Wahono mengungkapkan, jika kegiatan seperti ini akan terus dilakukan. Dan merupakan salah satu cara kepolisian dalam ikut serta membangun generasi bangsa yang cerdas dan unggul serta berkarakter Pancasila.

Polisi, kata Kapolres, akan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin dan berlanjut. Dimana setiap harinya akan ada anggota dari kepolisian yang datang ke sekolah untuk mensosialisasikan butir-butir Pancasila. “Bahkan nanti bukan hanya lewat sekolah. Ketika sambang dan patroli, anggota kami akan juga memberikan imbauan yang disisipi dengan nilai-nilai pancasila,” tegasnya.

Penulis: Bripda Agus Purnomo/Hummas Polres Kutai Barat
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here