Ada 167 Orang Sudah Selesai Pemantauan

Kurdiman, Petugas Jaga di RS Pratama Linggang Bigung, menunjukkan ruangan untuk perawatan dan isolasi pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dilengkapi lima tempat tidur, dengan jendela menggunakan teralis besi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Seorang pasien yang masuk daftar Pasien Dalam Pengawasan dinyatakan positif terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Surabaya. Sehingga sejak Sabtu, 2 Mei 2020, total pasien yang dirawat di Rumah Sakit Pratama Linggang Bigung menjadi 13 orang.

Menurut Asisten I Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, Misran Effendi, pasien yang telah terpapar Covid-19 ini bukanlah kelompok mereka yang berangkat ke Gowa. Atau yang pernah berangkat mengikuti Ijtima Ulama Sedunia di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Pasien itu telah dibawa ke RS Pratama Linggang  Bigung untuk menjalani perawatan dan diisolasi sesuai standar penanganan Covid-19.



“Orangnya (pasien) berusia 42 tahun. Bukan Klaster Gowa loh, tapi pasien yang transmisi lokal. Jadi sekarang total yang terkonfirmasi positif sudah 13. Kami harap masyarakat meningkatkan kewaspadaan, dan tolong patuhi imbauan pemerintah,” katanya melalui sambungan telepon.

Dijelaskannya, hingga Sabtu malam ini, jumlah pasien kategori PDP ada sembilan orang. Dari 213 Orang Dalam Pemantauan atau ODP, sudah selesai pemantauan sebanyak 167 orang dan proses pemantauan 46 orang. Sedangkan Orang Tanpa Gejala atau OTG ada 162 orang.

Ruang perawatan dan isolasi di RS Pratama Linggang Bigung dilengkapi fasilitas televisi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Berdasarkan data dari Posko Pusat Kesehatan Masyarakat atau PKM Kampung Jambuk di Kecamatan Bongan dan Kecamatan Bentian Besar, pelaku perjalanan mencapai 319 orang. Sementara data PKM Long Iram, warga yang masuk sebanyak 190 orang dan kendaraan 190 unit.

“Total Pelaku Perjalanan sudah mencapai 4.587 orang. Masyarakat ingat pentingnya menjaga jarak. Jangan lupa untuk memakai masker jika harus keluar rumah. Ingat untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” harap Misran Effendi yang juga Anggota Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kubar.



Perkembangan penyebaran Covid-19 di Benua Etam hingga malam ini, terkonfirmasi positif ada penambahan 18 orang menjadi total 154 orang. Yaitu 1 dari Kutim, 1 Kubar, 6 Samarinda dan 10 Kukar. Sementara yang  sembuh 13 orang dan meninggal dunia 1 orang. Data ini hasil rilis Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Total ODP sebanyak 8.032 orang dengan rincian selesai 16 orang. Untuk ODP ada 6.771 orang, dan masih  dalam proses pemantauan 1.261 orang. Daftar PDP ada penambahan 11 orang sehingga jumlahnya menjadi 563 orang. Sedangkan hasil negatif  ada penambahan 1 orang sehingga total 223 orang. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here