Hits: 0

Arkadius : “16 Oktober Batas Akhir Pendaftaran Parpol”


BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Tahapan Pemilihan Umum serentak Tahun 2019 sudah dimulai. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat mulai membuka pendaftaran Partai Politik calon Peserta Pemilu 2019. Pendaftaran tersebut dimulai hari ini, Selasa 3/10/2017 dan akan berakhir Senin 16/10/2017 mendatang.

Divisi Hukum KPU Kutai Barat, Arkadius Hanye mengatakan, untuk pendaftaran Partai Politik perlu dipahami semangat dari Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Khususnya yang mengatur tentang Peserta Pemilu Tahun 2019, yaitu semua Peserta Pemilu wajib mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum.

“Artinya semua Parpol, baik yang selama ini sudah mengikuti pemilu pada tahun 2014 atau belum, jika mereka ingin lagi mengikuti proses pemilu tahun 2019 agar segera mendaftar,” ujar Divisi Hukum KPU Kubar, Arkadius Hanye di Kantor KPU Kubar, Selasa 3/10/2017.

Pria lulusan Strata satu ilmu Hukum itu menuturkan, proses pendaftaran Parpol diawali dengan pengumuman di tingkat pusat. Tahap pengumuman tersebut telah dilakukan secara sentralistik dan dilanjutkan oleh KPU RI ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh indonesia.

“Tahapan Pengumuman itu mulai 1- 3 Oktober. Hari ini masih termasuk pengumuman untuk pendaftaran. Untuk proses pendaftaran juga dimulai tanggal 3- 16 Oktober,” tutur Arkadius.

Arkadius menjelaskan, dalam hal melakukan pendaftaran di Kabupaten/Kota, Ketua Parpol di tingkat Kabupaten/Kota harus menyerahkan 3 persyaratan yang telah ditentukan. Yakni, satu, Rekapitulasi data anggota Papol yang tertera dalam Formulir S-2. Kedua, Fotokopi KTA serta yang ketiga, Fotokopi KTP.

“Rekapitulasi data anggota Parpol itu biasanya dikirim DPP Parpol ke pengurusnya di tingkat Kabupaten/Kota beserta fotokopi KTA dan KTP. Sebab syarat untuk keanggotaan parpol harus menampilkan NIK. Itu merupakan proses yang paling penting dalam pendaftaran ini,” jelasnya.

“Saran kami untuk fotokopi KTA dan KTP harus disusun sesuai dengan data rekapitulasi keanggotaan yang dikirim oleh DPP masing-masing,” imbaunya.

Namun, Lanjut Arkadius, KPU Kubar berharap Pengurus Parpol juga agar menyiapkan dokumen lainnya. Seperti Kepengurusan, alamat kantor, surat keterangan kantor dan sebagainya. “Tetapi itu cukup disiapkan di Sekretariat masing-masing, jadi bukan diserahkan kepada KPU Kubar,” terangnya.

Menurutnya, itu nantinya akan diperlukan jika ada cataan khusus yang disampaikan KPU RI. Dalam hal ini, KPU bisa segera mengkonfirmasinya langsung ke Parpol yang ada di Kubar. Sesuai yang digariskan UU Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 11 Tahun 2017, pendaftaran akan berlangsung 3- 16 Oktober 2017. Hari 1- 13 (3- 15 Oktober) pendaftaran dibuka dari Pukul 08.00 – 16.00 WITA. Khusus dihari terakhir yakni hari ke-14 (16 Oktober) KPU Kubar buka Pukul 08.00– 24.00 WITA.

“Ketiga syarat itu harus dilengkapi. Jika tidak, berarti Parpol itu tidak terdaftar di KPU Kubar. Kepada Pengurus Parpol agar berkoordinasi dengan KPU. Baik dalam penyusunan serta prinsip yang harus dipenuhi. Saya yakin jika persyaratan itu telah disusun baik, prosesnya akan gampang,” sebutnya.

Sementara Ketua KPU Kubar, Fransiskus Xaverius Irianto menambahkan, KPU Kubar siap menerima pendaftaran Parpol. Pihaknya berharap agar parpol menggunakan waktu pendaftaran sebaik-baiknya. “Sinkronkan dengan data yang diserahkan DPP serta berpedoman pada PKPU Nomor 11 Tahun 2017,” katanya.

Irianto mengungkapkan, pendaftaran sebaiknya langsung dilakukan oleh Pengurus Parpol yang bersangkutan. Pasalnya jika diwakilkan dan ada terselip data, akan sulit mengkrosceknya. “Harapan kita, mari kita jaga dan kawal bersama. Dimulai pendaftaran yang tertib administrasi. Mari transparan, sehingga bisa dijamin dan diyakini. Sehingga kita menuju pemilu yang berintegritas dan berkualitas. KPU siap untuk melayani,” pungkasnya. #Reyber Benhouser Simorangkir

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here