Hits: 0

Tingkatkan Partisipasi Siswa Agar Tidak Ada Alasan Tidak Punya Seragam

Bupati Kutai Barat FX Yapan, Wakil Bupati H Edyanto Arkan, Sekda Yacob Tullur, Asisten II Setkab Ayonius, Kepala Disdikbud Kubar Silvanus Ngampun, bersama para perwakilan kepala sekolah yang menerima seragam dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat membagikan 35.495 setel pakaian seragam untuk 322 sekolah. Pakaian sekolah berupa kemeja putih dan celana dengan warna dan model sesuai tingkatan. Pakaian itu diharapkan dapat meringankan beban orangtua atau wali murid untuk mengadakan pakaian sekolah di tahun ajaran 2018/2019.

Dijelaskan Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, pakaian sekolah yang dibagikan itu dibiayai Disdikbur Kubar senilai Rp5.069.955.825 dari anggaran tahun 2018. Sebanyak 322 sekolah penerima pakaian seragam itu terbagi untuk 218 Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Luar Biasa yang menerima 19.214 setel pakaian. Untuk 66 Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah menerima 9.301 setel.



Sedangkan untuk 38 Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah menerima 6.980 setel. “Tahun anggaran 2019 tidak lagi mengadakan pakaian seragam putih-merah, putih-biru, dan putih-abu-abu. Tapi kita rencanakan untuk mengadakan pakaian batik khas Kubar,” kata Silvanus Ngampun, dalam Serah Terima Pakaian Sekolah di Ruang Aji Tulur Jejangkat, Rabu 10/10/2018.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyerahkan 35.495 setel pakaian seragam sekolah yang diterima perwakilan 322 sekolah se-Kubar di Aula Aji Tulur Jejangkat, Rabu 10/10/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Menurut Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan, kegiatan ini merupakan kelanjutan kegiatan yang sama di tahun 2017 lalu. Saat itu diserahkan 37.528 setel seragam sekolah kepada seluruh sekolah di Kubar. Melalui APBD Murni tahun 2017 pada anggaran Disdikbud Kubar.

Ia berharap, pakaian seragam yang diserahkan menjadi penunjang fasilitas pendidikan. Dalam rangka mendukung terwujudnya misi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, yaitu peningkatan kualitas SDM melalui penyediaan pelayanan kesehatan dan pendidikan. “Yang semakin berkualitas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” pesannya dalam sambutan yang dihadiri juga Wakil Bupati Kutai Barat H Edyanto Arkan, Sekretaris Daerah Yacob Tullur, dan Asisten II Setkab Kubar Ayonius.



Kepada KabarKubar, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Disdikbud Kubar Yakobus Yamon mengatakan, pengadaan pakaian di tahun 2019 memang direncanakan adalah berupa Batik. Yaitu Batik Khas Kubar yang coraknya menampilkan ukiran khas Kubar. Namun itu akan terlaksana di tahun 2019 jika anggaran Disdikbud Kubar mencukupi. “Sekaligus mempopulerkan penggunaan Batik Khas Kubar. Kalau seragam biasa sudah cukup dulu kita rasa, karena kalau dibagikan lagi di 2019, bisa mubajir,” jelasnya.

“Pemberian pakaian seragam ini membantu meringankan beban biaya dan memberikan motivasi belajar untuk siswa-siswi, Juga meningkatkan akses partisipasi siswa untuk sekolah. Sehingga bagi yang kurang mampu tidak ada alasan tidak bersekolah,” papar Sopiah, salah seorang Kepala SD di Kubar. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here