Hits: 30

3 Prasasti Ditandatangani Dubes, Gubernur Kaltim, Uskup Agung dan Bupati Kubar

Pemberkatan peletakan batu pertama pembanguan Central Gereja Katolik Sendawar oleh Dubes Vatikan, Mgr Leopoldo Girelli. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Duta Besar Negara Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, mengunjungi Kabupaten Kutai Barat. Ia mengikuti perayaan Misi Gereja Katolik di Kalimantan yang dimulai tepat 100 tahun silam di Kubar. Didampingi 15 Uskup dari seluruh Indonesia dan 52 Pastor yang melayani umat Katolik di seluruh Kalimantan. Termasuk  Uskup Agung Samarinda Sului Florentinus MSF.

Selama tiga hari, Dubes Vatikan akan berada di Kubar untuk mengikuti serangkaian acara dan napak tilas perjalanan karya misi gereja Katolik di Kaltim, yang dimulai sekitar April 1907. “Dari Sendawar, besok rombongan akan meneruskan perjalanan ke Laham hingga hari Selasa,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Kubar, Nopandel pada Minggu, 8 Juli 2007.

Perayaan syukur 100 tahun misi gereja Katolik Keuskupan Agung Samarinda dipusatkan di Lapangan Adat Tanaa Purai Ngeriman. Diikuti tidak kurang 20 ribu umat Katolik yang berdatangan dari 21 kecamatan se-Kubar. Ditambah umat Katolik dari Kota Balikpapan dan Samarinda. Dipimpin langsung oleh Ketua Presidium KWI Mgr Martinus Dogma Situmorang OFM Cap, misa syukur berjalan khidmat.

Rencananya, acara dimulai pukul 08.00 Wita. Namun molor dikarenakan  tempat acara diguyur hujan deras sejak pukul 06.00 wita. Tepat pukul 09.00 Wita, Dubes Vatikan, Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh dan Bupati Kutai Barat Ismail Thomas, tiba di pintu masuk utama.

Dubes Vatikan dan Uskup Agung Samarinda disambut pemasangan gelang manik di tangan sebelah kanan oleh wanita Dayak yang mengenakan baju adat. Selanjutnya diadakan penandatangan tiga prasasti.

Yakni Prasasti Tugu Menyongsong 100 Tahun ke II Misi Gereja Katolik Keuskupan Agung Samarinda dan Prasasti Pembangunan Central Gereja Katolik Sendawar oleh Dubes Vatikan dan Plt Gubernur Kaltim. Sementara Prasasti Pembangunan Gereja Katolik Santo Thomas Aquinas oleh Uskup Agung Samarinda dan Bupati Kubar.

Duta Besar Vatikan menerima gelang manik dari tetua Dayak Bahau. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM 

Pemberkatan batu pertama untuk pembangunan gereja Katolik di Balikpapan oleh Dubes Vatikan dan Uskup Agung Samarinda dengan menyiramkan minyak urapan. Diteruskan penekanan tombol sirene secara bersamaan oleh Dubes Vatikan, Uskup Agung dan Bupati Kubar. Tanda dibukanya perayaan syukur yang diikuti dengan penguntingan 100 balon oleh isteri Plt Gubernur Kaltim Nyonya Helena Nintje Ngayoh dan isteri Bupati Kubar Nyonya Lucia Mayo Thomas.

Selepas penandatangan tiga prasasti, acara dilanjutkan dengan Tarian Putri dan tari Perang Dayak Bahau. Diikuti dengan tarian Gantar Dayak Tunjung Benuaq, mengarak rombongan dari pintu masuk menuju panggung utama tempat akan digelarnya misa syukur 100 tahun.

Dibelakangnya diikuti bendera dan vandel paroki dari 10 gereja yang tersebar di 10 kecamatan se-Kubar, dibawakan Komunitas Muda Katolik dengan mengenakan pakaian adat. Kemudian diikuti para anak muda katolik yang melayani pelaksanaan misa syukur (Misdinar). Lalu diikuti Bupati Kubar dan isteri, dibelakangnya Plt Gubernur Kaltim dan isterinya.

Aksi panggung runner up Indonesian Idol, Delon, akan mengangkat iman umat Katolik di Kubar dengan lagu-lagu rohani Kristiani. Selain Delon, hadir juga Kia, Icha dan Bona yang merupakan finalis Akademi Fantasi Indosiar (AFI) di Lapangan Adat Tanaa Purai Ngeriman Sendawar.

Untuk mengamankan acara ini, Polres Kubar menurunkan sekitar 200 personel beserta sejumlah perwira. “Kami siapkan personel pada tiap titik, baik di penginapan para tamu dan tempat pelaksanaan acara. Pengamanan kami lakukan mulai tanggal 8 hingga 11 Juli nantinya,” kata Kapolres Kubar, AKBP Heru Dwi Pratondo di sela acara. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here