300 Orang Beragam Latarbelakang Ikuti Upacara di Kantor Bupati Kubar

TNI dari Kodim 0912/KBR dan Polres Kubar mengisi barisan peserta upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, Jumat 1/6/2018 di halaman Kantor Bupati Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Seluruh Rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Kabupaten Kutai Barat diharap untuk tetap berbagi dan berprestasi. Untuk tetap menjadi bangsa yang besar, masyarakat diminta harus terus bersatu dan menjaga kebhinekaan, atau keberagaman. Hal ini terungkap dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, di halaman Kantor Bupati Kutai Barat, Jumat 1/6/2018.

“Pancasila sungguh menjadi berkah sebagai landasan Negara kita. Semangat gotong royong harus terus kita pupuk untuk saling membantu sesama yang lain. Saya harapkan semua komponen bangsa agar mengamalkan pancasila,” kata Bupati Kubar, FX Yapan, saat membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Pancasila merupakan landasan hidup bangsa Indonesia, sehingga kita bisa menjadi negara yang besar. Sampai saat ini kita disegani oleh negara lain, karena kita tetap bersatu,” imbuh FX Yapan sebagai Inspektur Upacara.

Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi dan Kepala Polsek Melak AKP Djoko Purwanto bersama para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Meski merupakan hari libur, tidak kurang 300 orang mengikuti upacara peringatan yang bertema “Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi, Berprestasi.” Selaku Komandan Upacara dipercayakan kepada Widodo, yang adalah Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kubar.

Undang Undang-Dasar 1945 dibacakan Cory Aprilia, dengan tiga Pengibar Bendera, yakni Milson Pasaribu, Alfa Atfentina dan Resto Ananda. Mengisi lagu-lagu yang dinyanyikan saat upacara, adalah Paduan Suara dari SMA Negeri 7 Sendawar.

Tiga pemuda dan pemudi dari S1 PIN, yakni Milson Pasaribu, Alfa Atfentina dan Resto Ananda, menjadi Pengibar Bendera. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Upacara yang dilaksanakan untuk menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila itu, diisi dengan Mengheningkan Cipta, dan Pembacaan Teks Pancasila. Juga ada Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Menyanyikan Lagu Pancasila.

Dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 0912/Kutai Barat Mayor Infanteri Wahyudi, dan Kepala Polsek Melak AKP Djoko Purwanto. Hadir pula Kepala Perwakilan TNI AU Kubar Letda Pom Agus Aang Khunaifi, para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari sembilan kelompok barisan dari beragam latarbelakang. Antara lain TNI dari Kodim 0912/KBR, Polres Kubar, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Aparat Sipil Negara atau PNS, Pegawai Tidak Tetap atau Tenaga Kerja Kontrak, serta Pelajar SMA dan SMP. #Sonny Lee Hutagalung/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here