Hits: 0

Akan Tampilkan Drama Kolosal dan Doa Bersama 171717

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Setelah menggelar sejumlah perlombaan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kodim 0912/Kubar juga membuka stand pameran. Tidak hanya profil Kodim, namun beragam hal terkait Tentara Nasional Indonesia, khususnya Angkatan Darat, ditampilkan kepada masyarakat umum. Tujuannya, semakin mendekatkan TNI kepada rakyat.

Menurut Komandan Kodim 0912/Kubar, Letnan Kolonel Infanteri Hedriawan Senjaya, TNI bukanlah sosok garang yang harus ditakuti. Sebab selain menjaga pertahanan Negara, TNI dibentuk sebagai pelindung rakyat. “Justru TNI itu sahabat bagi rakyat, dan siap manunggal bersama rakyat dalam keseharian,” ujarnya, Senin 14/8/2017 di ruang kerjanya.



Untuk itu, Kodim 0912/Kubar akan mengadakan acara Doa Bersama 1717171 di Markas Kodim, yang mengundang para komponen masyarakat di Kutai Barat. Sesuai angka 171717, Doa Bersama itu akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2017, tepat pukul 17.00 Wita. “Tidak hanya di Kodim, di 13 Koramil (Komando Rayon Militer) juga digelar kegiatan dan di waktu yang sama,” jelas mantan Danyonif Mekanis 413/Bremoro ini.

Hendriawan Senjaya menjelaskan, saat gelaran Doa Bersama, tidak dilakukan di satu titik yang sama. Melainkan terpisah sesuai agama atau kepercayaan masyarakat masing-masing. Untuk yang beragama Islam, akan diadakan di Mushola Nur Muhammad dalam Makodim. Bagi mereka yang beragama Kristen Protestan atau Katolik, dilakukan di Aula Makodim. Sedangkan mereka yang menganut agama Hindu, ditempatkan di Pura Purai Ngeriman, Tuncupm Kelurahan Barong Tongkok.

Stan Pameran Pembangunan milik Kodim 0912/Kubar di Taman Budaya Sendawar, tampak ramai dikunjungi warga Kutai Barat. SONER KLEND SABBATH HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Letkol Hendriawan Senjaya menerangkan, Doa Bersama menjadi penerapan petunjuk Pimpinan Tertinggi TNI, Presiden RI Joko Widodo, melalui Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Bahwan sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, agar diaplikasikan kembali mulai tanggal 17 Agustus pukul 17.00 tahun 2017.

Menurut Jenderal Gatot, TUHAN maha mengabulkan doa orang banyak. Diharap semua doa baik akan dikabulkan. “Dan kita penuh dengan kasih sayang serta tidak ada keributan,” kata Hendriawan, menirukan Panglima TNI.

Dijelaskannya, Jenderal Gatot mengatakan, tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah, yakni kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan kemerdekaan itu diperjuangkan oleh para Pahlawan Kesuma Bangsa. “Tanggal 17 Agustus 2017 kita gelorakan sebagai Hari Kasih Sayang Indonesia. Kita berdoa bersama seluruh komponen anak bangsa, memohon kepada Tuhan agar kita penuh kasih sayang antar sesama, rukun, damai sebagai bangsa pemenang. Saya mengundang seluruh warga Kubar untuk berdoa bersama dengan kami,” katanya.

Kembali soal rangkaian HUT RI ke 72, Kodim 0912/Kubar akan menampilkan Drama Kolosal di acara Peringatan Kemerdekaan RI yang dilaksanakan bersama Pemkab Kubar. Dalam drama tersebut akan menceritakan perjuangan para Pahlawan di medan tempur untuk merebut Indonesia dari tangan para penjajah. “Sekali lagi mari kita menyambut HUT RI ke-72 dengan semangat patriotisme yang penuh dengan kasih sayang, demi Indonesia Yang Lebih Kasih Sayang,” pungkas Hendriawan.
Sonny Lee Hutagalung



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here