Hits: 0

5 Parpol Ada Sinyal Mendukung Yakan

DPD PKS Kubar menyatakan hubungan harmonis bersama pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan dan mengakui pembangunan yang baik telah dilaksanakan selama empat tahun pemerintahannya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tidak kurang enam bulan lagi, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat yang didukung partai politik harus mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Kubar. Jika pasangan dari jalur perseorangan atau independen diberi waktu mendaftar pada 19-23 Februari 2020, jalur parpol dibuka pada 16-18 Juni 2020. Lalu apa kabar parpol yang memiliki kursi di Parlemen Tanaa Purai Ngeriman?
DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah mengumumkan dukungannya bagi pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan) di Pilkada Serentak tahun 2020. Hal itu disampaikan pada Pengumuman gelombang pertama di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakata pada Rabu, 19 Pebruari 2020.



Partai Hanura menyatakan telah memberikan surat tugas kepada pasangan Yakan untuk melaksanakan tiga poin menuju Pilkada Kubar 2020. Meski bukan keputusan final karena belum diterbitkan rekomendasi, mandat itu diyakini publik sebagai pertanda nyata. Sementara Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kubar, Syachran Eric Lenyoq, telah menunjukkan sikap jelas berada di barisan Yakan.
“Tunggu saja, hasilnya pasti ada dan akan saya sampaikan ke publik,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kubar, Ekti Imanuel kepada KabarKubar pada Jumat, 28 Februari 2020.
Ekti mengakui secara gamblang, komunikasi baik telah ditunjukkan pasangan Yakan kepadanya. Namun, keputusan dari DPP Partai Gerindra menjadi perintah yang akan dan pasti diikutinya sebagai garis komando. “Yang jelas, kepada siapa rekomendasi diberikan DPP, tidak akan saya membangkang. Saya tahu konsekuensi melawan perintah partai, dan saya pasti sejalan,” katanya.
Meski akan mengikuti arakan DPP Partai Gerindra, Ekti Imanuel memberikan sinyal positif untuk mendukung pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Saat menerima pendaftaran pasangan Yapan-Arkan pada Kamis 19 September 2019 lalu, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar, H Ellyson, telah memberi sinyal positif. Bahkan menyatakan komitmen untuk mendukung pasangan ini. Selain karena dianggap telah berhasil dalam menjalankan pemerintahan selama empat tahun terakhir, pasangan ini juga memberi perhatian kepada PKS.
Hubungan harmonis ini menjadi salah satu alasan menetapkan dukungan di Pilkada Kubar tahun 2020 mendatang. “Sudah, PKS ke Yakan. Sudah keluar rekom,” kata Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar, H Ellyson melalui pesan singkat pada Selasa, 25 Februari 2020.
Berdasarkan data yang dirilis KPU Kubar pada Senin, 5 Agustus 2019 di Gedung PKK Kabupaten Kubar, suara sah di Pemilu 2019 mencapai 88.625 suara. Yakni Dapil Kutai Barat 1 sebanyak 24.425 suara, Dapil Kutai Barat 2 ada 20.561 suara, dan Dapil Kutai Barat 3 berjumlah 43.639 suara.



PDI Perjuangan berhasil meraih enam kursi di DPRD Kubar dari perolehan 23.115 suara. Partai Hati Nurani Rakyat yang memeroleh 10.916 suara, berhak menduduki tiga kursi DPRD Kubar. Partai Gerindra dengan 5.910 suara, mendapat dua kursi dan PKS memiliki satu kursi dari perolehan 3.670 suara. PKB mendapat 4.341 suara dengan jatah satu kursi.
Total suara kelima parpol mencapai 47.952 suara, atau sebesar 54,1 persen dari 88.625 suara sah. “Tanpa mendahului kehendak TUHAN, kita optimis menang. Itu jika pendukung atau pemilih parpol ini konsisten, ditambah suara simpatisan dari masyarakat yang telah merasakan pembangunan selama pemerintahan Yakan,” ujar AKP (Purnawirawan) Lorensius Balak, Anggota Tim 11 pasangan Yakan Jilid II. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here