Hits: 0

Tunggu Sinyal Bonifasius Belawan Geh

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM

Kabupaten Mahakam Ulu juga akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2020. Dengan komposisi partai politik yang makin mengerucut di Gedung DPRD Mahulu, skema politik diperkirakan banyak tokoh akan berubah. Selain Bonifasius Belawan Geh sebagai seorang Petahana atau incumbent, sejumlah bakal calon mulai diperbincangkan. Salah satunya adalah Yohanes Juan Jenau, yang saat ini menjabat Wakil Bupati Mahulu.



Juan Jenau yang juga Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Mahulu, mengaku siap maju di Pilkada Mahulu tahun depan. Namun ia belum bisa memastikan akan berpasangan dengan siapa atau berkoalisi dengan parpol mana. “Belum bisa kita pastikan sekarang, karena harus ada keputusan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PDI Perjuangan. Kita juga masih wait and see (menunggu dan melihat), situasi bisa berubah kapan saja,” ungkapnya kepada KabarKubar, baru-baru ini.

Disinggung koalisi yang dibangun selama ini bersama Bonifasius yang juga Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Mahulu, ia enggan berkomentar banyak. Diakuinya, ada perjanjian tertulis antara ia dan Bonifasius yang dinyatakan di hadapan Notaris.

Juan Jenau saat menerima Susunan Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mahakam Ulu periode 2019-2024 dari Ketua DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu, di Hotel Gran Senyiur Kota Balikpapan, Sabtu 13 Juli 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Isinya, kami sepakat akan bersama sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati. Kecuali beliau tidak mau lagi bersama saya, ya kita siap maju sendiri. Toh PDI Perjuangan sudah bisa mengusung kandidat sendiri,” pungkas Juan Jenau.

Dari hasil Pemilu tahun 2019 ini, PDI Perjuangan meraih empat dari 20 kursi di DPRD Mahulu. Capaian itu sudah memenuhi syarat sebanyak 20 persen kursi DPRD setempat. Hasil itu adalah akumulasi perolehan suara sebanyak 3.535 atau 19,2 persen dari total 18.349 suara sah. Mereka yang duduk dari PDI Perjuangan adalah Martina Luaq, Tiofilus Hanye, Serlili dan Videlis Tekwan Kuway.

Sementara hasil Pilkada Mahulu tahun 2015 lalu, Pasangan Bonifasius Belawan Geh dan Juan Jenau dengan nomor urut 1, meraih 6.227 suara atau 38,68 persen dari 16.097 suara sah. Pasangan Muhammad Syafri Ruslan dan Valentinus Tingang memeroleh 5.966 Suara atau 37,06 persen. Terakhir, Pasangan Stanislaus Liah dan Kila Ulee Herman mendapat 3.904 suara atau 24,25 persen.



Dengan 71 Tempat Pemungutan Suara, Daftar Pemilih Tetap pada Pilkada Mahulu tahun 2015 sebanyak 21.216. Yang terdiri dari 10.603 pria dan 8.894 wanita. Namun yang menggunakan hak pilih hanya 15.979 orang, dengan rincian 7.623 pria dan 6.767 wanita. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here