Hits: 0

Berisi Tiga Keputusan Ditandatangani Ketum dan Sekjen DPP PKB

Pasangan ASA saat mendaftar di Sekretariat DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kutai Barat pada Sabtu, 21 September 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM
Partai Kebangkitan Bangsa menegaskan dukungan di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun 2020. Dewan Pimpinan Pusat PKB menerbitkan surat keputusan mendukung pasangan H Ahmad Syaiful dan Asrani atau ASA. Sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar di Pilkada Serentak tahun 2020. SK tersebut beredar di media sosial.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Provinsi Kalimantan Timur, Syafruddin, membenarkan terbitnya SK bagi ASA. Ditandatangani Abdul Muhaimin Iskandar dan Muhammad Hasanuddin Wahid, selaku Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP PKB. Diterbitkan di Jakarta pada Selasa, 11 Agustus 2020.



“Kayaknya sudah final itu, karena sudah keluar SK DPP PKB. Tapi belum sampai ke saya, karena yang mengurus ke Jakarta adalah sekretaris (Sekretaris DPW PKB Kaltim, Selamet Ariwibowo),” ujarnya kepada KabarKubar pada Rabu, 12 Agustus 2020 di Kota Samarinda.

Dalam SK tersebut dituangkan tiga keputusan. Pertama, mengesahkan H Ahmad Syaiful dan Asrani sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar tahun 2020. Kedua, pasangan calon sebagaimana dimaksud harus berkoordinasi dan melibatkan struktur PKB di Kubar dalam penyusunan program kerja, tim pemenangan dan rekrutmen saksi.

Ketiga, memerintahkan struktur PKB se-Kubar serta anggota partai se-Kubar untuk saling berkoordinasi dalam rangka memenangkan pasangan calon dimaksud pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar tahun 2020.

“Saya belum pegang SK itu, karena yang ngurus masih di Jakarta. Nanti saya kasih kalau sudah ada sama saya ya,” pungkas Syafruddin.

Dukungan PKB itu sekaligus mementahkan kabar negatif jika pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan memborong partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kubar. Isu beredar, pasangan disebut Yakan ini berniat dan telah mendapat dukungan 10 parpol di parlemen Tanaa Purai Ngeriman.

FX Yapan membantah ia dan pasangannya berniat atau telah memborong parpol. Sebagai seorang politisi yang berpengalaman dalam empat Pilkada Kubar -tahun 2000, 2006, 2011 dan 2015- ia memahami mekanisme yang harus dijalani sebagai calon.

“Kami menjalin komunikasi kepada pengurus semua parpol. Kami mendaftar, bahkan sampaikan visi dan misi. Tidak benar memborong parpol. Kalau didukung, itu karena pertimbangan internal partainya dengan kinerja kami memimpin pemerintahan selama empat tahun ini,” ujarnya kepada KabarKubar.

“Parpol ada alasan mendukung Yakan. Tentu mereka menilai kredibilitas kandidat yang akan didukung. Apalagi Yakan merupakan petahana yang telah menunjukkan kinerja selama memimpin Kubar dalam empat tahun ini,” imbuh Wahyu Firanto Setiono, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kubar.

“Nah, tidak benar kan Yakan borong partai. Buktinya PKB sudah terbitkan SK ke Pak Acong (Ahmad Syaiful). Kalau pun semua parpol mendukung Yakan, itu pasti ada alasannya. Bukan berarti ada jual beli partai,” ungkap Hadomuan Situmorang, Pengamat Politik di Kubar.



Untuk diketahui, ASA telah mendatangi Sekretariat DPC PKB Kubar di Jalan Pattimura Nomor 12 RT 29 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak pada Sabtu, 21 September 2019. Saat itu Haji Acong mengatakan, niatnya bersama Asrani untuk menjadi Pemimpin Kubar adalah untuk membangun Kubar lebih maju.

“Bukan karena uang, tapi murni ingin menyejahterakan masyarakat Kubar. Semoga PKB Kubar bisa merekomendasikan ke DPP agar kami diusung,” katanya di hadapan Ketua DPC PKB Kubar, Syachran Eric Lenyoq. Dihadiri juga sejumlah pengurus inti, seperti Kiagus Elvis Pamuncak dan H Syaparuddin selaku Bendahara dan Wakil Ketua DPC PKB Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here