Hits: 0

Koalisi Bersama PKS dan PAN

Ketua DPC PKB Kubar, Syachran Eric Lenyoq (berkacamata), dalam momen santai bersama FX Yapan dan Edyanto Arkan, usai mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPP PKB di Jakarta. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

SENDAWAR – Arah politik pada Pesta Demokrasi di Tanaa Purai Ngeriman, sebutan lain Kabupaten Kutai Barat makin terang benderang. Satu persatu figur terbaik bermunculan sebagai kandidat bakal calon bupati atau wakil bupati. Teka-teki siapa bakal menggantikan Ismail Thomas yang akan mengakhiri masa bhakti sebagai Bupati Kubar selama 10 tahun ini, mulai terjawab.

Dari sejumlah nama yang muncul di media massa maupun alat peraga seperti baliho dan spanduk, nama Fransiskus Xaverius Yapan menguat. Ketua DPRD Kubar sejak tahun 2004 ini disebut sebagai kandidat kuat menduduki kursi orang nomor satu di Kubar. Sejumlah partai politik pun dikabarkan siap mendukung Yapan. “Kami sudah pasti mengusung Yapan,” kata Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kubar, Syachran Eric Lenyoq.



Tidak hanya itu, ungkap Eric, PKB telah memutuskan Edyanto Arkan sebagai balon wakil bupati berpasangan dengan Yapan. Kepastian itu dibuktikan dengan Surat Keputusan DPP PKB yang telah diterima pihak DPC PKB Kubar. Yakni SK bernomor: 3384/DPP-03/VI/A.2/IV/2015.

Berisi Penetapan FX Yapan dan Edyanto Arkan sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar Periode Tahun 2016-2021 dari PKB. “SK sudah ditangan kami, isinya langsung menyebut pasangan pak Yapan,” kata pria yang pernah duduk sebagai anggota DPRD Kubar 2004-2009.

Dua kursi yang diraih PKB di DPRD Kubar, diakui Eric belum cukup untuk menjadi ‘perahu’ bagi duet Yapan-Arkan. Partai Amanat Nasional yang juga mendapat dua kursi di Parlemen Kubar akan menjadi koalisi bersama Partai Keadilan Sejahtera dengan satu kursi dimiliki. “PAN akan keluarkan keputusan setelah tanggal 27 April dan PKS di awal Mei ini,” jelasnya.



Edyanto Arkan yang masih duduk sebagai Asisten I Pemerintah Kabupaten Kubar, disebut sejumlah pengamat menjadi representasi komunitas Muslim di Kubar. Sedangkan Yapan yang adalah Ketua Tim Pemenangan pasangan Thomas-Didik selama dua periode, akan mewakili Nasrani dan kelompok etnis Dayak.

“Pak Yapan dikenal luas kiprahnya di dewan sejak Kubar terbentuk. Artinya selama 5 tahun menjadi anggota dewan dan 10 tahun sebagai Ketua DPRD Kubar, beliau terbukti mampu memimpin dan berprestasi,” ungkap Noraliansyah, tokoh pemuda Kampung Ongko Asa, Barong Tongkok. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here