Hits: 0

Bakti Sosial Polres Kubar, Tutupi Kekurangan Darah PMI

Polres Kubar 030
BAKTI POLISI: Sejumlah personil Polres Kubar sedang diambil darahnya dalam rangka HUT Bhayangkara ke 70 tahun 2016, Rabu 25/5/2016 di Aula Polres Kubar.   DEESELHA/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Kepolian Resor Kutai Barat mengumpulkan 105 kantong darah dari 105 pendonor, Rabu 25/5/2016 pagi tadi, di Aula Markas Polres Kubar. Setiap kantong berisi rata-rata 300 mililiter darah yang diambil dari anggota Polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan karyawan perusahaan pertambangan. Donor darah sebanyak lebih dari 31 liter itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-70 pada 1 Juli 2016 nanti.

Dijelaskan Penanggubjawab Donor Darah, Ajun Komisaris Polisi Ferry Dharmawan, 80 dari 105 pendonor adalah anggota Polres Kubar. Masing-masing 5 personil dari Komando Distrik Militer 0912/Kubar, Dishubkominfo Kubar dan Satpol PP Kubar. Sisanya dari PT Trubaindo Coal Mining sebanyak 10 pendonor.

Pendonor khusus dari Polres Kubar sendiri terdiri dari perwakilan dari semua satuan dan unit. Antara lain, dua pendonor dari setiap Bagian an Seksi. Kemudian masing-masing 5 pendonor dari setiap Satuan. Dari Polsek Barong Tongkok, Polsek Melak, Polsek Damai, Polsek Muara Lawa dan Polsek Long Iram, mengirimkan masing-masing lima pendonor. “Sisanya dari Bintara Polres Kubar sebanyak 19 orang,” kata Ferry Dharmawan yang juga Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polres Kubar.

“Saya rutin mendonorkan darah setiap momen 1 Juli (HUT Bhayangkara) sejak menjadi Bintara Polri di tahun 1984 lalu. Sudah lebih dari 50 kali saya ikut donor darah, sayang kartunya sudah hilang,” ujar Komisaris Polisi Kasdi, yang juga Kepala Bagian Perencanaan Polres Kubar. Kasdi menjadi peserta donor tertua pada aksi donor darah itu.

Dijelaskan Kapolres Kubar AKBP Hindarsono, donor darah ini merupakan salah satu kontribusi kepolisian bagi masyarakat. Khususnya dalam hal pertolongan medis. Sebab persediaan darah di Palang Merah Indonesia Cabang Kubar juga kerap menipis. Sehingga donor darah ini sangat membantu siapa saja yang membutuhkan transfusi darah. “Polisi itu harus melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Nah, donor darah ini jadi salah satu bentuk perlindungan kesehatan, sekaligus menjadi cara hidup sehat bagi pendonor itu sendiri,” katanya kepada KabarKubar.com.    #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here