Deteksi Dini Polres Mahulu Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

315 views

Langkah Kesiapan Dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan

Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Mapolres Mahulu ( Polres Mahulu )

KABARKUBAR.COM – UJOH BILANG

Jajaran Kepolisian Resort ( Polres) Mahakam Ulu ( Mahulu) menggelar Apel Siaga Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Mahakam Ulu secara serentak dengan Kabupaten Kota se Provinsi Kalimantan Timur. Kamis 22  Juni 2023.

Kapolres Mahakam Ulu AKBP Anthony Rybok, mengatakan penanganan kebakaran hutan dan lahan membutuhkan sinergitas.

“Apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini dilakukan sebagai bentuk langkah kesiapan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu,” terang AKBP Anthony Rybok.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan bentuk sinergritas antara pemerintah, masyarakat,serta instansi terkait karena kami menyadari bahwa penanganan bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja.

Anthony juga berharap, kegiatan apel siaga ini tidak berhenti secara seremonial saja.

“Tidak kalah pentingnya adalah aktualisasinya harus berjalan optimal pada saat terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sesungguhnya,” tegasnya.

Orang nomor satu di Polres mahakam ulu ini pun menyampaikan, diperlukan pemahaman teknis ataupun strategi dalam siaga kebakaran hutan dan lahan, baik dalam mitigasi maupun penanganan secara langsung.

Dimana dengan kondisi dataran yang tidak rata, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan, sulit menggunakan peralatan modern.

“Salah satu upaya mitigasi yang dilakukan adalah dengan membuat pos pantau kebakaran hutan dan lahan dibeberapa titik rawan kebakaran dimana di masing-masing pos ada petugas piket yang berjaga,” lanjutnya.

Menghadapi ancaman karhutla di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.Kapolres mahulu berharap wilayah Kabupaten mahakam ulu aman dari karhutla.

Hal ini pun tentunya selaras dengan atensi Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, kebakaran hutan dan lahan telah menjadi isu nasional dan merupakan permasalahan rutin yang terjadi hampir setiap tahun di indonesia. Terkhusus pada saat musim kemarau yang perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama.

Kapolres Mahulu, AKBP Anthony Rybok bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mahulu, Solman ( Polres Mahulu )

Sementara itu, dalam amanah Gubernur Kaltim, Isran Noor yang di bacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mahakam Ulu, Solman mengatakan berdasarkan data balai pengendalian perubahan iklim Kaltim – Kaltara, ada 373 hektar luas karhutla di kaltim selama 2022, titiknya menyasar 168 hutan dan 206 area pegunungan lain (APL). Kaltim masuk urutan ke-24 di indonesia dalam tingkat kasus karhutla.

Apel siaga yang diikuti unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, Saka Bhayangkara, Pol.PP, Dishub, dinas lingkungan hidup, dan BPDP Kabupaten Mahakam Ulu. yang di gelar di halaman mako Polres Mahakam Ulu.# Kornelius 

Komentar

comments