Harus Meneruskan Laporan Masyarakat Dalam Waktu 3-5 Hari

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Panitia Pengawas Lapangan diminta untuk meningkatkan kinerja dalam tugas pengawasan dan bersikap netral. Atau tidak memihak salah satu pasangan calon yang bertarung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 ini. Sehingga penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak berjalan dengan baik. Khususnya di wilayah Kabupaten Kutai Barat yang terdapat 190 kampung dan 4 kelurahan.

“Segala perangkat desa atau kampung, seperti Petinggi dan BPK (Badan Perwakilan Kampung) tidak boleh ikut di dalam proses Pilgub ini,” pesan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan  Barong Tongkok, Lorensius, Senin 5/3/2018 di Ball Room Hotel Nici, Kelurahan Barong Tongkok.

Ia meminta PPL di 21 kampung dan kelurahan se-Kecamatan Barong Tongkok segera meneruskan laporan ke Panwascam. Jika mendapat laporan masyarakat dalam waktu 3-5 hari selama masa kampanye Pilgub Kaltim.

Pada saat pelaksanaan kampanye oleh salah satu paslon, maka PPL harus menyampaikan kepada panitia paslon bahwa lokasi kampanye tersebut harus segera disterilkan. “Karena kemungkinan akan dipakai oleh paslon lain untuk melaksanakan kampanye,” tegas Lorensius dalam Rapat Kerja Teknis PPL Se-Kecamatan Barong Tongkok di Hotel Nici, Jalan Pangeran Antasari RT 01 Dusun Jaras.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 70 peserta itu, Camat Barong Tongkok, Aliansyah, juga berpesan. Agar PPL bisa bekerjasama dengan semua instansi. Dan harus mengerti dengan tugasnya sebagai PPL. Di dalam penulisan tentang kegiatan di lapangan, juga harus jelas saat pelaporan. “PPL harus bisa netral dalam pelaksanaan kegiatannya. Sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif pada saat pencoblosan,” ujarnya melalui Santo, Kepala Seksi Sosial Pembangunan.

Mewakil Kepolisian Sektor Barong Tongkok, Ajun Inspektur Dua Andri DS, berharap PPL yang telah terbentuk bekerja secara profesional dan netral. Sesuai petunjuk dari Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, seluruh institusi Polri harus mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018.

“Kami di Polsek Barong Tongkok siap mendukung dan mengamankan Pilgub Kaltim 2018 ini, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Aipda Andri yang menjabat Kepala Unit Intelijen dan Keamanan Polsek Barong Tongkok.

Raker diisi penyampaian sejumlah materi dari pihak Panwascam dan Panwaslu Kubar. Di antaranya adalah Materi Pengawasan, Materi Hukum Penanganan Pelanggaran, serta Materi Sumber Daya Manusia. #Kelvin Nurdin

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here