Hits: 0

Gerakan 3M dan 5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Dengue
Kepala Bidang Pemberdayaan Kampung dan Kelurahan DPMK Kabupaten Kutai Barat, FX Sumardi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM
BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM Merebaknya penyakit Demam Berdarah (DBD) dalam dua pekan terakhir, mengundang keprihatinan banyak pihak. Selain telah merenggut korban nyawa, banyak anak-anak dan remaja masih menjalani perawatan di klinik, balai pengobatan dan rumah sakit. Keluhan pun disampaikan banyak orang di media sosial. Atas fenomena DBD itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Kutai Barat, Faustinus Syaidirahman, menyampaikan keprihatinan. Juga belasungkawa bagi keluarga yang anaknya jadi korban. Ia berharap semua pihak terkait untuk ikut mencari langkah terbaik untuk penanganan maupun pencegahan DBD.



“Meski bukan instansi teknis dalam kasus DBD Ini, kami juga merasa harus terlibat untuk meminimalisasi penyebaran penyakit ini. Agar jangan ada lagi korban, maupun tambahan penderita,” ujarnya melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Kampung dan Kelurahan, FX Sumardi.
Salah satu anak yang sempat dirawat karena menderita DBD. Orangtuanya, Dominikus dan Agnesia Tirah, mengakui tiga anaknya harus mendapat perawatan di rumah sakit karena terkena DBD. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM
Sumardi mengakui, belum ada obat khusus untuk penyakit yang disebabkan oleh infeksivirus dengue yang ditularkan pada manusia melalui nyamuk Aedes Aegypti. DBD bisa membuat trombosit atau sel darah putih di tubuh menurun drastis. Dan membuat perdarahan internal yang bisa merusak organ atau  sel jaringan tubuh sehat. “Tapi setidaknya kita dapat melakukan beberapa tindakan untuk pencegahan terjangkit DBD,”katanya. Yang paling populer, lanjut Sumardi, adalah pemberantasan sarang nyamuk melalui Gerakan3M. Yakni Menutup, Menguras, dan Mengubur objek-objek yang mendukung siklus hidup nyamuk. Metode inisiatif pemerintah ini dinilai perlu digencarkan untuk memberantas penyakit DBD. Untuk mencegah penyebaran DBD yang dapat dilakukan secara mandiri.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here