Hits: 1

Bantu Makanan Buat Petugas Jaga Tempat Karantina Covid-19 Wilayah Kubar

Roni Alex Gores menyerahkan bantuan alat pelindung diri berupa masker bagi para tenaga kesehatan dan medis di Puskesmas Dempar. REVANDI/KABARKUBAR.COM

NYUATAN – KABARKUBAR.COM
Tingginya tingkat tertular atau terinfeksi corona virus disease 2019 atau Covid-19 terhadap tenaga kesehatan dan medis menjadi bukti betapa besar risiko pekerjaan mereka. Karena itu, dibutuhkan dukungan mutlak kepada mereka dalam menangani para pasien. Terlebih saat ini persediaan alat pelindung diri (APD) sudah menipis bahkan di beberapa instansi telah habis. Sementara Covid-19 masih menjadi momok menakutkan, dan kemungkinan mengganas beberapa waktu ke depan.

Kelangkaan APD itu yang membuat Roni Alex Gores membantu tenaga kesehatan dan medis Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Dempar. Sebanyak 250 masker disumbangkan untuk belasan petugas yang sehari-hari menangani pasien. Donasi itu diterima oleh Dokter Deasy Diah Arnani dengan disaksikan rekannya sesama petugas kesehatan di Puskesmas Dempar.

“Ini didasari prihatin atas risiko mereka (tenaga kesehatan dan medis) yang rentan tertular penyakit, terutama Covid-19. Sebab kita tahu, siapa saja bisa terjangkit dan menularkannya kepada orang lain,” ujarnya usai menyerahkan masker di ruang tengah Puskesmas Dempar, Jalan Kanure RT 3 Kampung Dempar, Kecamatan Nyuatan pada Kamis, 16 April 2020.

Alex Gores yang juga Kepala Seksi Infrastruktur Dan Kemitraan Pemuda pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Kutai Barat mengakui, saat ini sangat dibutuhkan donasi APD. Terutama berbentuk masker, kacamata, topi bedah, sarung tangan, dan jubah berbahan khusus. Pihak Puskesmas juga butuh hand sanitizer, alkohol, dan multivitamin.



“Tenaga kesehatan kita banyak masih menggunakan perlengkapan seadanya. Padahal, mereka paling berisiko tertular virus Corona. Pemberian ini tidak seberapa, sekedar membantu kawan-kawan di Puskesmas Dempar ini,” ungkap pria yang juga Ketua Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia Kubar dan berasal dari Kampung Dempar.

Menurut Dokter Deasy Diah Arnani, Puskesmas Dempar tidak sedang menangani pasien dengan gejala terinfeksi Covid-19, namun APD sangat dibutuhkan. Apalagi jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) maupun Pasien Dalam Pengawasan di Kubar terus meningkat.

Polisi yang berjaga di Asrama Paskibra Dinas Pemuda Dan Olahraga Kubar sebagai tempat karantina covid-19, mendapat bantuan makanan dari Roni Alex Gores pada Rabu, 8 April 2020. REVANDI/KABARKUBAR.COM

“Ketersediaan APD kita menipis, sedangkan risiko dalam penanganan pandemi virus corona sangat tinggi. Ada saja kemungkinan pasien yang kita tangani adalah ODP atau PDP. Masker ini sangat membantu, dan kami berterimakasih kepada bapak Alex Gores,” katanya. Ia menerima donasi 250 masker didampingi rekan perawat, yakni I Nyoman Sukaryanto dan Yuke Bagensa.

Pekan lalu pada Rabu, 8 April 2020, Alex Gores juga membantu para petugas yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Sebanyak 15 petugas yang berjaga di tempat karantina pasien terinfeksi Covid-19 di Asrama Paskibra Dispora Kubar, mendapat pasokan makan siang. Mereka terdiri dari anggota Polisi, personel Tentara dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kubar. #Revandi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here