Hits: 0

Sumbangsih Parpol, Ormas dan Perusahaan Jadi Harapan

Anggota Satuan Tugas PDI Perjuangan diperiksa tekanan darahnya sebelum menjadi Pendonor, Kamis 1 Juni 2017 di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, Jalan Sendawar, Raya Barong Tongkok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Akhir-akhir ini kerap bermunculan status permohonan bantuan sumbangan darah di media sosial Facebook. Mereka butuh tambahan darah bagi kerabat, sahabat maupun anggota keluarga yang dirawat di berbagai tempat di Kabupaten Kutai Barat. Tidak sedikit yang kecewa, karena darah yang dicari tidak sesuai golongan darah dibutuhkan.


“Dibutuhkan Donor darah golongan AB untuk operasi di HIS, sudah mencari dari tadi pagi ttp belum dapat. Siapa tahu warga yg tergabung di grup ini bs membantu. Trims,” tulis Akun Facebook, Stevan Steve Widuri Nursanto di Grup Keluhan & Saran Warga Kubar, Sabtu 2/9/2017 pada Pukul 15.08 Wita.

Beruntung, ada saja warga Netizen yang merespon. “Yang butuh Darah golongan AB+……saya siap donor call aja….0812 1444 4141,” tulis Akun FB, Brandon.

Ada lagi status dibuat Akun FB, Nuy Kimci di Grup Forum Jual Beli KUBAR pada Jumat 25/8/2017 pada pukul 21.13 Wita. “Dibutuhkan golongan darah B+ 3 kantong jika ada yang bisa donor bisa hubungi no 085821465551/085828550078 terima kasih,” tulisnya.

Status itu meneruskan permohonan yang sama dari Akun FB, Lusianaerti Astuti pada pukul 19.45 Wita. “dibutuhkan golongan darah B+,,,,3 kantong jika ad yg bisa donor mohon hubungi:082154026190,,tmksh sblmnya Tuhan berkati,” katanya.

Aksi Donor Darah di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ada banyak status di sejumlah Grup FB yang meminta bantuan yang sama. Sebaliknya, ada saja yang menawarkan bantuan tanpa imbalan. Seperti yang dituliskan Akun FB, Beredi di Grup Keluhan & Saran Warga Kubar. Ia menawarkan darahnya yang berjenis Golongan Darah A. “Belum mampu traktir Durian, mau donor darah, udah 3 bulan, siapa tahu ada yg butuh,” tulisnya pada 29 Juli 2017 lalu, sambil berkelakar.

Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Kutai Barat, Yohanes Mas Puncan Karna, mengakui stok darah terkadang menipis di bank darah. Terlebih untuk golongan darah tertentu. “Seberapapun sumbangan darah yang diberikan pendonor, bagi PMI adalah suatu pemberian yang sangat berharga. Karena motto kami adalah ‘Setetes darah anda, nyawa bagi sesama’. Jadi kami mengundang masyarakat untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Puncan Karna memberikan penghargaan tinggi bagi pribadi-pribadi atau kelompok yang telah memberi sumbangsihnya dengan tetesan darah. Banyak orang yang mengatasnamakan organisasi, perusahaan, serta instansi hukum seperti Polres Kubar dan Kodim 0912/KBR, telah menjadi pendonor.

Ia juga mengapresiasi kepedulian partai politik yang telah mengajak kadernya untuk berdonor darah. Diawali PDI Perjuangan pada Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juni 2017 lalu. Kemudian Partai Perindo pada Minggu 20/8/2017. “Bersyukur ada parpol yang punya pemikiran untuk kegiatan sosial seperi itu (donor darah). Semoga parpol yang lain juga bisa menyusul gerakan PDI Perjuangan dan Perindo. Itu menjadi salah satu kepedulian kita terhadap kebutuhan masyarakat Kubar,” pesan Puncan Karna. #Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here