Hits: 0

Siapkan Dana Pinjaman Untuk KUR Mikro dan KUR Ritel

Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank BNI Sendawar, Yoko Trianto. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Resmi dibuka pada Kamis 1 Oktober 2015 lalu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pembantu Sendawar telah mewarnai perekonomian di Kabupaten Kutai Barat. Setelah 2 tahun fokus menghimpun dana masyarakat dalam beragam jenis simpanan, BNI Sendawar menyasar penyaluran kredit usaha rakyat di tahun 2018 mendatang.

Menurut Kepala KCP BNI Sendawar, Yoko Trianto, pihaknya telah melakukan pemetaan pada berbagai sektor usaha di Kubar. Baik di sektor pertanian, perkebunan, perikanan hingga pertambangan. Sehingga dapat membuat program kerja yang tepat sasaran sesuai kultur dunia usaha di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Kita akan mulai fokus pada penyaluran KUR di 2018 nanti. Sebagai Bank berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara), kami memang telah menyalurkan 3 jenis KUR. Jadi tidak lagi fokus menghimpun dana masyarakat, tapi lebih ke bantuan permodalan,” ujar Yoko, Jumat 8/12/2017 di ruang kerjanya, Jalan Sendawar Raya Komplek Ruko Tinggi Diraja, Kelurahan Barong Tongkok.

Program KUR, jelas Yoko, merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan kegiatan usaha rakyat kecil menengah. Disamping fasilitas pinjaman usaha lainnya yang bersumber dari BNI sendiri. Pertama adalah KUR Mikro yang merupakan kredit usaha tanpa agunan atau jaminan. KUR ini dibatasi pinjaman senilai Rp 25 juta. Jangka waktu pinjaman hingga 3 tahun untuk kredit usaha dan 4 tahun untuk kredit investasi. Syaratnya, menyerahkan salinan KTP, KK, Surat Izin Usaha dengan menunjukkan aslinya.

Kantor Cabang Pembantu Bank BNI Sendawar di Bussiness Center Tinggi Diraja, Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Kedua adalah KUR Ritel hingga Rp 500 juta, namun wajib mencantumkan surat jaminan atau agunan dengan jangka waktu pinjaman hingga 5 tahun. Syaratnya, KTP, KK, NPWP (untuk Pinjaman di atas Rp 50 juta, Surat Keterangan Usaha dan Jaminan.

Ketiga adalah KUR TKI yang merupakan fasilitas kredit untuk mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Hanya saja, untuk tujuan Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Dengan jangka waktu pinjaman disesuaikan masa kontrak kerja, maksimal 3 tahun. Syaratnya, KTP, KK, Surat Izin Usaha atau Bekerja, tanpa wajib menyerahkan jaminan.

Ditanya soal Program Keluarga Harapan, BNI Sendawar tidak menyalurkannya. Namun ada 3 program yang dipercayakan untuk disalurkan. Yakni Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) SMA/SMK. Baik melalui Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang baru dilaksanakan.

Kemudian adalah penyaluran Bantuan Non Tunai Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar atau Aslut. Program ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Sosial. “Terakhir adalah penyaluran Tasa (Tabungan Sosial Anak), juga kerja sama dengan Kemensos,” jelas Yoko.

“Kita berharap, masyarakat Kubar makin percaya pada BNI, dan mempercayakan dananya untuk disimpan di BNI,” harap Yoko Trianto yang memimpin 10 karyawan dan staf di KCP BNI Sendawar. #Kelvin Nurdin

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here