Pertunjukan Jaranan dan Reog Sebelum Pembagian Hadiah Lomba

Kapolres Kutai Barat AKBP Pramuja Sigit Wahono dan Asisten 1 Setkab Kubar, Silas Sinar, bersama para tokoh masyarakat yang menerima penghargaan dari Polres Kubar.    AGUS PURNOMO-HUMAS POLRES KUBAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – Rangkaian acara peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Polres Kutai Barat diakhiri dengan beragam pertunjukan seni budaya. Diawali dengan Campursari yang diisi lantunan lagu-lagu diiringi musik gamelan, hingga penampilan Reog Ponorogo dan Jaranan atau Kuda Kepang. Puncaknya, pagelaran Wayang Kulit yang dibawakan Dalang Dalang Ki Sihono Pandoyo dari Klaten, Jawa Tengah, dengan lakon Semar Mbangun Kayangan.

Kapolres Kutai Barat, AKBP Pramuja Sigit Wahono SIK mengatakan, seluruh rangkaian acara dapat terselenggara atas dukungan atau partisipasi warga Kubar. Ada sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan. Seperti perlombaan olahraga bola voli dan tenis, burung berkicau, serta lomba foto instagram. Acara-acara itu dipersembahkan untuk seluruh masyarakat, untuk lebih mendekatkan polisi dengan warga. “Semoga ke depan, Polisi akan lebih dicintai masyarakat,” ujarnya dalam sambutan.

Sebelum pertunjukan wayang kulit sekira jam 8 malam, dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang perlombaan. Untuk bola voli Kapolres Kubar Cup terbagi dua katagori. Juara Tim Putra diraih Singo Yudho, King Rarakuta (2), Barata (3) dan Bangun Sari (4). Di Tim Putri, dimenangkan Setkab Kubar sebagai Juara, Rarakuta TC Kubar (2), Barata Putri (3) dan Bening Putri (4).



Untuk Tenis yang hanya mempertandingkan Ganda Putra, berhasil dimenangkan pasangan Yahya Marthan/Arifin Nanang. Di tempat ke 2 diraih Heryansyah/H Ibam dan juara ke 3 didapat Brigpol Asmuni/Nico. Juara ke 4 menjadi milik pasangan Junaedi/Kapten Darsono. “Pemainnya kebanyakan sudah berumur, tapi masih tampil energik,” ungkap Kasubbag Humas Polres Kubar, Kompol Sarman.

Pada Lomba Foto Instagram, dimenangkan akun Instagram Mhmd_yamind. Menyusul akun Oni_ovianda dan terakhir akun Herniansyah. Para pemenang berhasil meraih piagam penghargaan dan hadiah uang pembinaan senilai Rp 2,2 juta. Rinciannya, Juara 1 mendapat Rp 1 juta, Juara 2 Rp 700 ribu dan Rp 500 ribu untuk Juara 3.

Foto terbaik ke 2 pada Lomba Foto Instagram atas nama akun Instagram Oni_ovianda. HUMAS POLRES KUBAR/KABARKUBAR.COM

Kapolres juga memberikan penghargaan kepada perwakilan dari masing-masing kampung yang dinilai telah aktif dalam menjaga dan menjunjung Pancasila. “Ini merupakan bentuk apresiasi Polri kepada masyarakat yang menjaga keutuhan Pancasila,” ujar AKBP Pramuja Sigit Wahono dalam acara yang dihadiri Asisten 1 Setkab Kubar, Silas Sinar.

Antusias masyarakat terlihat sangat tinggi, meski di bawah guyuran rintik hujan. Begitu juga hingga akhir pertunjukan wayang kulit. Masyarakat tampak betah untuk berlama-lama menyaksikan wayang. “Hiburan seperti ini sangat bagus. Bisa mengobati rasa kangen bagi warga Kubar asal suku Jawa. Bisa juga jadi sarana berkumpulnya masyarakat dengan polisi. Kami bisa berbaur, berdialog dengan bapak-bapak dari kepolisian. Dan tuan rumahnya pun sangat ramah kepada kami,” ungkap Indra, warga Kampung Sumber Sari.
Penulis : Bripda Agus Purnomo
Editor  : Sonny Lee Hutagalung



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here