Masyarakat Diminta Turut Menjaga dan Mengelola Objek Wisata  

Tim Eksploring Pesona Alam Indonesia yang dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Syafrudin Pernyata, mengikuti upacara penyambutan tamu di Danau Beluq, Kampung Dempar Kecamatan Nyuatan, Kamis 14/12/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

NYUATAN – KABARKUBAR.COM
Kecamatan Nyuatan yang wilayahnya masih tampak sangat hijau, terdapat potensi wisata yang sangat menarik dan bernilai jual. Tidak hanya Air Terjun yang dalam bahasa setempat disebut Jantur, ada pesona indah Danau Beluq di Kampung Dempar. Keindahan Danau Beluq pun mendapat pujian dari Tim Eksploring Pesona Alam Indonesia Kaltim.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Syafrudin Pernyata, daya tarik atau ‘Surga’ wisata Indonesia itu juga ada di Kabupaten Kutai Barat. Salah satunya di Kampung Dempar, Nyuatan. Ia mengimbau, untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan. Agar lokasi atau tujuan wisata lebih indah lagi.

“Jalannya oke, aksesnya oke, Nyuatan adalah mutiaranya Kubar. Dan harapan saya, agar tetap bisa menjadi unggulan wisata Kubar,” ucapnya, Kamis 14/12/2017, saat Pembukaan Eksploring Pesona Alam Indonesia di Danau Beluq.

Acara yang diisi dengan acara adat penyambutan tamu, dimeriahkan Tarian Daerah Sanggar Seni Swalas Gunaq, yaitu Tarian Gantar Burung Terbang. Dihadiri juga Dinas Pariwisata Kubar dengan didampingi tiga Duta Wisata Kubar.

Tim Eksploring Pesona Alam Indonesia mendapat penjelasan sejarah singkat Danau Beluq. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Herman Alung selaku Kepala Dinas Pariwisata Kubar berharap, tim dari provinsi dan siapa saja dapat menyebarkan informasi lebih luas tentang pesona Kubar.  Rencananya, warga setempat diarahkan untuk nantinya lebih berkomitmen terhadap objek wisata di Nyuatan.

Pemerintah hanya sebagai regulator dan fasilitator. Sedangkan yang melakukan pemberdayaan ialah masyarakat. Yang berperan penting sebagai motivasi untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kubar. “Saya ingin event-event wisata bersifat internasional dapat diselenggarakan di Kubar,” ujar Herman Alung dengan penuh semangat.

LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Camat Nyuatan, Lukas mengatakan, adanya kunjungan Explore Pesona Alam Indonesia diharap bisa membawa manfaat bagi Kubar, khususnya Nyuatan. “Saya mengimbau agar kampung di Kecamatan Nyuatan bisa menjadi mandiri,” harapnya.

Pembukaan acara diisi juga cerita singkat terbentuknya Danau Beluq oleh Deris, warga Dempar. Ia menagatan, Danau Beluq adalah sumber air bersih bagi masyarakat dan memiliki keunikan magis. Jika air Sungai Nyuatan naik, air Danau Beluq pun akan naik, tetapi tidak keruh,” ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri Presidium Dewan Adat Kubar dan Ketua RT dan penduduk setempat. Juga sejumlah awak media dari ibukota Kaltim, Kota Samarinda. Sekitar 75 warga Dempar juga mengikuti acara Eksplorer Pesona Alam Indonesia itu. Selepas itu, berlanjut kunjungan ke berbagai objek wisata. Antara lain Jantur Inar, Rumah Adat atau Lamin Eheng, dan Jantur Dora. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here