Pengurus Papdesi Kubar Periode 2017-2022 Dilantik

Ketua Umum Papdesi, HJ Wargiyati, Asisten III Setkab Kubar Aminuddin, Kepala Dinas DPMK Kubar Faustinus Syaidirahman, Ketua DPC Papdesi Kubar Bonifasius Dion dan para Pengurus DPC Papdesi Kubar Masa Bakti 2017-2022. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau Papdesi Kabupaten Kutai Barat, Selasa 24/10/2017 dilantik. Mereka yang resmi menjadi pengurus untuk Masa Bakti 2017-2022, dipimpin Bonifasius Dion yang juga Kepala Kampung atau Petinggi Bigung Baru Kecamatan Linggang Bigung.

Ketua Umum Papdesi, Hj Wargiyati mengungkapkan, Papdesi adalah organisasi yang bersinergi dengan pemerintah. Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Papdesi, disebutkan bersifat independen dan merupakan organisasi profesi. Tujuan dibentuknya Papdesi adalah untuk menampung aspirasi para pengurus dan segera bisa disampaikan ke pihak Pemerintah.

“Kita adalah pemerintah terdepan menghadapi permasalahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dan 80 persen masyarakat berada di kampung atau desa,” katanya dalam Pelantikan Pengurus DPC Papdesi Kubar, di Gedung PKK, Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok.

Asisten III Setkab Kubar, Aminuddin, membacakan sumpah dan janji Pelantikan DPC Papdesi Kabupaten Kutai Barat Masa Bakti 2017-2022, Selasa 24/10/2017 di Gedung PKK, Jalan Sendawar Raya, Barong Tongkok. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ia mengingatkan, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa menjadi acuan dalam bertugas sebagai pemimpin di desa atau kampung. UU Desa tersebut dinilai penting, karena juga menjadi pedoman dalam pengelolaan Dana Desa yang bersumber dari APBN. “Setelah pelantikan, beban berat ada di pundak bapak dan ibu sekalian dalam menjalankan amanah ini,” jelas Hj Wargiyanti.

“Supaya kita selaras dan serasi, alangkah baiknya Bupati dan Wabup menjadi Dewan Pembina kita. Supaya kita diawasi dan dibina apabila ada kekeliruan.”

Mewakili Bupati Kubar, Asisten III Setkab Kubar Aminuddin berharap, pengurus yang dilantik bisa membawa dampak positif. Sebagai wadah untuk mengembangkan profesionalisme dan kapasitas diri dalam menyejahterakan rakyat, harus meningkatkan harkat dan martabat aparatur desa serta masyarakatnya. Dan dapat mengemban amanah sebaik-baiknya.

“Dapat memfungsikan organisasinya lebih kontributif dalam membantu pembangunan Kubar. Juga dapat saling memberi masukan ke arah yang lebih baik dalam membangun kampung. Dengan sama membangun bersama, kita saling melengkapi dalam membangun masyarakat Kubar,” kata Aminuddin usai melantik.

Diikuti Perwakilan 190 Kampung, acara tersebut juga dihadiri Ketua DPD Papdesi Provinsi Kaltim Musmuliadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Faustinus Syaidirahman, Kabag Ren Polres Kubar Kompol Kasdi, dan Pasi Intel Kodim 0912/Kubar Kapten Infanteri Rokim.

Kehadiran Pengurus Papdesi di Kubar juga ditujukan untuk membina internal desa serta memperjuangkan hak-hak aparatur dan masyarakat. Termasuk pengawasan pelaksanaan Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung, agar tidak terjadi penyimpangan. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here