Hits: 0

Bupati Harap Bukan Seremonial Belaka

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Kutai Barat Tahun 2018, saat mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan HUT Republik Indoneis, 17 Agustus 2018 lalu. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Usai menjalankan tugas pada Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia, 69 orang sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka dibubarkan. Mereka yang bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera pada 17 Agustus 2018 di Kabupaten Kubar itu, sekaligus diberikan penghargaan. Berupa piagam yang diserahkan Bupati Kutai Barat, FX Yapan.

Diungkapkan Kepala Dinas Pemuda Dan olah Raga Kubar, Yulius Mimpin, anggota Paskibraka berjumlah 69 orang. Terdiri dari 30 putri dan 39 putra yang sudah berlatih selama 25 hari, dan dilatih oleh anggota TNI dari Kodim 0912/KBR. “Mereka adalah para pelajar pilihan perwakilan 16 kecamatan di Kubar. Sudah melalui seleksi 213 siswa dan siswi dari 39 sekolah di Kubar,” katanya saat prosesi pembubaran Paskibraka Kubar 2018, Kamis 23/8/2018 di Gedung Aji Tulur Jejangkat, Kompleks Perkantoran Bupati Kubar.



Bupati menyampaikan terima kasih kepada Paskibraka Kubar 2018 atas peran serta yang sukses mendukung peringatan HUT Ke-73 RI di Kubar. Ucapan yang sama ditujukan kepada para orangtua, atas keikhlasannya mengijinkan anak-anaknya menjalani serangkaian kegiatan dan pendidikan.

Bupati Kutai Barat FX Yapan yang didampingi Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 69 Anggota dan Pelatih Paskibraka Kabupaten Kubar Tahun 2018, Kamis 23/8/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Diharapkan, beragam kegiatan Paskibraka tidak hanya menjadi seremonial belaka. Namun lebih pada mendorong dan menambahkan rasa cinta serta bangga terhadap tanah air, Indonesia. “Sehingga melanjutkan karya dan kerja kita membangun bangsa ini, dalam tuaian prestasi yang mengangkat harkat dan martabat bangsa ini,” ujar FX Yapan di hadapan Paskibraka yang tampak rasa bangga dan haru mewarnai raut wajah mereka.

Pada acara yang dihadiri juga Pimpinan Organisasi Prangkat Daerah, Yapan berpesan agar rasa nasionalisme dalam diri akan menggugah hati nurani. Untuk membaktikan diri ke dalam berbagai aktifitas kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan lainnya. Menuju percepatan terwujudnya kesejahteraan sosial bagi seluruh warga masyarakat. “Kalian telah berhasil menunaikan tugas dengan baik dari Pengibaran hingga Penurunan Sang Saka Merah Putih,” kata bupati.



Bupati mengaku sangat mengapresiasi sekaligus bangga atas pencapaian prestasi Paskibraka. Ia berharap keberhasilan itu menjadi modal awal dari perjalanan hidup ke depan untuk menjadi generasi muda yang lebih adil, mandiri dan sejahtera. Dan ini ditunjukkan melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila, memegang teguh keutuhan NKRI, UUD 1945 serta menghargai kemajemukan dengan berbhinneka tunggal ika.

“Jadilah panutan dan teladan bagi kaum muda masa kini untuk bangga dan mencintai NKRI,” pesan Yapan yang juga menyerahkan penghargaan kepada Pelatih Paskibraka Kubar 2018. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here