Hits: 0

Serahkan Bantuan Bersama Tagana Kubar

Petinggi Muara Beloan Kecamatan Muara Pahu, H Yarkani, menandatangani berita acara penyerahan bantuan kemanusiaan dari Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat, Rabu 15/11/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MUARA PAHU – KABARKUBAR.COM
Bencana angin puting beliung yang menerpa Kampung Muara Beloan di Kecamatan Muara Pahu, Rabu 8/11/2017 sekira pukul 17:50 Wita, mengakibatkan 19 bangunan rusak. Akibatnya 19 Kepala Keluarga yang terdiri dari 85 jiwa di RT 1 hingga RT 3, menjadi korban. Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat pun memberikan bantuan kemanusiaan, Rabu 15/11/2017 pagi tadi.

Bersama dengan Taruna Siaga Bencana, Dissos Kubar membawa beragam jenis bantuan ke kampung yang berpenduduk 752 orang dalam 201 KK tersebut. Bantuan diserahkan bagi pemilik 13 rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Berupa matras, selimut dan tenda gulung 19 lembar. Ada juga Kids Ware 3 paket, seragam SD/SMP/SMA sebanyak 24 pasang, perlengkapan keluarga 19 paket, serta kaos anak dan celana 12 pasang.

“Ada juga sembako berupa beras 10 sak, mie instan 19 dos, susu 19 kaleng, teh, gula, biskuit dan kopi sebanyak 19 bungkus,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dissos Kubar, Leboq, usai penyerahan bantuan di Kantor Pemerintah Kampung Muara Beloan.

Bantuan harus diangkut dengan ekstra hati-hati, karena harus lewat sungai untuk tiba di Muara Beloan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Leboq mengimbau, masyarakat agar selalu waspada terhadap musibah bencana alam. Jika bepergian, dipastikan terlebih dahulu menonaktifkan alat-alat elektronik agar tidak terjadi korsleting listrik. Kompor juga harus dipastikan telah mati dan aman, untuk mencegah terjadinya kebakaran. “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah,” katanya.

“Saya berharap ke depannya bisa aman dan terhindar dari musibah,” kata Salkus selaku Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana, saat penandatanganan berita acara penyerahan bantuan.

Penyerahan bantuan dihadiri Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Matius Singan, dan Surwanto selaku Staf Dissos Kubar. Juga 5 Anggota Tagana Kubar, yaitu Eris Natalius, Erwin Ismail, Lili Suharni, Andriani Eka Irawati dan Lilis Sari.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dissos Kubar, Leboq, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Petinggi Muara Beloan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Menurut Kepala Kampung atau Petinggi Muara Beloan, H Yarkani, angin puting beliung telah merusak atap dan plafon 13 rumah. Ia berharap warga mendapatkan bantuan pengganti bagian rumah yang rusak. “Terima kasih atas kepedulian pihak Dinas Sosial dan Tagana, yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat kami,” ujarnya yang menerima bantuan dengan didampingi Juru Tulis, Nur Sinta, dan Staf Kampung, Deby Harianto.

“Kami terima dengan tangan terbuka. Inilah bentuk kepedulian pemerintah daerah melalui Disos dan Tagana. Atas bantuan ini, masyarakat termasuk saya bisa merasakan perhatian dari pemerintah,” ucap Sarmadi, warga RT III, yang menjadi salah satu korban bencana. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here