Hits: 1

Kualitas Lulusan Setara Politeknik se-Indonesia

Direktur Politeknik Sendawar, Deansius ST, dalam diskusi bersama KabarKubar, Rabu 13/9/2017 di Sekretariat Polsen, Jalan Sendawar Raya Kelurahan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat. DINAN-HUMAS POLITEKNIK SENDAWAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Hadir selama 12 tahun, Politeknik Sendawar sudah menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan Nasional dan Internasional. Sebab, dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada Mei 2017 lalu, Polsen dinyatakan sebagai salah satu Perguruan Tinggi berakreditasi B.


Akreditasi B berarti, kualitas lulusan Polsen sudah mencapai standar nasional, dan sama dengan Politeknik lainnya. Yang memenuhi standar kebutuhan perusahaan di Indonesia maupun luar negeri. Karena memang perusahaan mencaari tenaga kerja dari PT berakreditasi B. “Di sini kita sama. Jangan kuatir, lulusan Polsen setara dengan Politeknik lainnya di Indonesia,” ujar Direktur Polsen, Deansius ST, Rabu 13/9/2017 di ruang kerjanya.

Jadi Direktur Polsen sejak Juli 2016, Deansius gencar mempromosikan kehadiran satu-satunya PT di Kabupaten Kutai Barat ini. Ia mengakui, banyak hal yang belum diketahui publik tentang Polsen. Bahkan sebagian besar masyarakat Kubar, meragukan kualitas pendidikan di Polsen. Sehingga dari 2.000 lebih lulusan SMA sederajat tahun ini, hanya 97 orang yang masuk di Polsen untuk Tahun Ajaran 2017/2018.

Direktur Politeknik Sendawar, Deansius ST, mengajak masyarakat untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Polsen yang telah mengantongi Akreditasi B dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sejak Mei 2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Saat ini 320 mahasiswa yang kuliah di semester 1 sampai 5. Sementara kapasitas kelas di Polsen mencapai 360 orang. “Belum sampai 5 persen dari lulusan se-Kubar, belum lagi jika ditambah lulusan dari Mahulu (Kabupaten Mahakam Ulu). Target kami menerima 150 mahasiswa, sesuai kapasitas kelas. Idealnya ada 25 sampai 30 orang per kelas,” jelas Deansius yang sudah mengabdi di Polsen sejak tahun 2005.

Deansius mengundang para lulusan SMA sederajat untuk kuliah di Polsen. Dengan kualitas yang tidak perlu diragukan, karena kurikulum Polsen sama dengan Politeknik Samarinda bahkan Politeknik lainnya se-Indonesia. Karena diatur oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ia menambahkan, Pendidikan Vokasi penting bagi lulusan, karena selain menjadi tenaga kerja siap pakai, juga punya skill atau keterampilan. Begitu lulus, sudah siap untuk bekerja. “Masyarakat sepatutnya menyadari pentingnya lulusan Diploma III, padahal kebanyakan perusahaan mencari adalah lulusan D-3,” pungkas Deansius yang pernah jadi Ketua Jurusan Teknik Sipil, lalu menduduki jabatan Pembantu Direktur III dan Purek I.

Saat ini ada 3 Program Studi yang tersedia di Polsen, yakni Jurusan Mesin Otomotif, Teknik Sipil dan Administrasi Bisnis. Dengan 45 Dosen Tetap dan Tidak Tetap, yang 75 persen di antaranya berlatarbelakang pendidikan S-2. Direncanakan untuk membuka Prodi baru, yakni Akuntansi Manajerial dengan jenjang Diploma IV. #Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here