Rakercab Gerindra Kubar, Targetkan Punya ‘Perahu’ di Pilkada 2024

0
257

Ekti Imanuel: Partai Gerindra sudah sangat siap

Rakercab Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Kutai Barat dihadiri Ketua dan Sekretaris DPC Partai Hanura Kubar. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra Kabupaten Kutai Barat menargetkan untuk meraih suara signifikan di Pemilihan Umum Tahun 2024 nanti. Setidaknya mendapat jatah lima kursi di Gedung DPRD Kubar atau dapat membentuk satu fraksi.

Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Cabang DPC Partai Gerindra Kubar Tahun 2022 yang digelar di Aula Hotel Sidodadi, Kecamatan Barong Tongkok pada Sabtu, 21 Mei 2022. Rakercab ini dihadiri Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Timur, Yusril dan Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye.

“Persiapan dalam menghadapi Pileg (Pemilu Legislatif) 2024, Partai Gerindra sudah sangat siap, dan target kita realistis saja. Yakni satu fraksi atau lima kursi DPRD Kabupaten Kutai Barat,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kubar, Ekti Imanuel, saat berbicara di hadapan para peserta Rakercab dan undangan.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan bersama KabarKubar, Ekti mengaku mempersiapkan diri untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kubar tahun 2024. Persiapan utama adalah meningkatkan elektabilitas partainya untuk bertarung di Pileg 2024. Sehingga mendapatkan hasil maksimal dan memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Kita targetkan punya perahu untuk maju di 2024,” katanya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kubar, Ekti Imanuel, berbincang dengan Ketua DPC Partai Hanura Kubar, H Aula. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Ekti dalam sambutannya, menyebut rapat kerja wajib dilakukan setiap tahunnya. Sebab kegiatan ini adalah turunan dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai setelah Rapat Kerja Nasional dan Rapat Kerja Provinsi.

Dalam Rakercab, dirumuskan kegiatan partai di tahun 2022, karena terkait dengan proses tahapan pemilu. Hal itu sangat penting bagi para pengurus DPC, Pengurus Anak Cabang dan Pengurus Ranting.

Undang-undang mewajibkan seluruh kontestan atau partai politik peserta Pemilu Tahun 2024 untuk verifikasi ulang. Baik partai yang sudah berjalan, maupun partai baru. “Saya berharap semua pengurus partai dari DPC, PAC, Ranting dan sayap-sayap partai. Mari kita bersama-sama, bahu membahu membesarkan Partai Gerindra,” ajak Ekti.

Ia juga menggingatkan, mengurus partai tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Melainkan harus bekerjasama antara pengurus DPC, PAC, dan Ranting. Sehingga proses verifkasi bisa terlaksana dengan baik.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Kaltim, Yusri, menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas kehadiran pengurus partai di Rakercab Gerindra Kubar. Walaupun diketahui jaraknya berjauhan.

Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye, hadir dalam Rakercab yang diikuti para Pengurus DPC, PAC dan Ranting serta sayap partai. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Yusri manyampaikan pesan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPD Gerindra Kaltim, Andi Harun. Bahwa politik itu harus direbut. “Mengapa harus direbut? Karena hanya dengan kekuasaan kita bisa berbuat baik. Kita bisa mewujudkan cita-cita untuk menyejahterakan masyarakat di daerah,” katanya.

Pengurus DPC, PAC, Ranting dan sayap-sayap partai diharap bekerjasama dan saling membantu. Seperti Tunas Indonesia Raya (Tidar), Satuan Tugas Indonesia Raya (Satria), dan Perempuan Indonesia Raya (Pira). “Kita harap semua sinergi, bersatu-padu, dan jangan biarkan Ketua DPC bekerja sendiri. Mengingat luas wilayah Kutai Barat yang begitu besar, diperlukan kolaborasi,” pesan Yusril.

Selaku Ketua Panitia Rakercab Partai Gerindra Kubar, Rull Riska Risandi berterimakasih atas kehadiran semua peserta. Sebab merupakan hal yang sangat berarti, dan bentuk dukungan dalam kegiatan Rakercab.

Panitia berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan Ketua DPC Partai Gerindra Kubar untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Sepatutnya kami berterima kasih atas dukungan semua panitia, dukungan dari Satria, Tidar dan Pira. Sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Di sela Rakercab, Ekti Emanuel menjelaskan Kepada KabarKubar terkait tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut. Dalam Rakercab merumuskan pembentukan tim Badan Pemenangan Pemilu, Tim Verifikasi Partai, Tim Penjaringan Caleg DPRD Kubar tahun 2024, dan Tim Penjaringan Saksi untuk Pemilu 2024.

Poin penting Rakercab ini, Partai Gerindra mempersiapkan terkait verifikasi awal oleh KPU. Oleh karena itu, Partai Gerindra secara kelembagaan bersurat kepada KPU Kubar agar dapat memberikan sosialisasi.

Menurut Ekti, Partai Gerindra sudah terbentuk di Kabupaten Kutai Barat sejak Pemilu tahun 2019. “Ada 16 PAC sudah terbentuk di 16 kecamatan, bahkan Ranting sudah terbentuk  walaupun perlu pembaharuan,” ungkap pria yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Kaltim ini.

Rakercab dimulai sejak jam 10 pagi, diisi Sosialisasi Undang-Undang Pemilu dan Tahapan Pemilu oleh Ketua KPU Kubar, Arkadius Hanye. Kemudian dilanjutkan dengan Penguatan Organisasi dan Struktur Partai serta Strategi Pemenangan Pemilu 2024 oleh Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Kaltim, Akhyar.

Acara ini juga diramaikan dengan persembahan tari daerah yang dibawakan oleh kelompok tari binaan Perempuan Indonesia Raya Kubar. Berlanjut dengan sidang komisi organisasi dan struktur partai serta persiapan verifikasi partai politik. Lalu komisi program kerja dan pemenangan pemilu.

Selain internal Partai Gerindra, Rakercab ini dihadiri Ketua DPC Partai Hanura Kubar, H Aula. Tidak sendiri, Aula didampingi Sekretaris DPC Partai Hanura Kubar, Suryadi dan sejumlah pengurus inti DPC Partai Hanura Kubar. #Sunardi

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here