Hits: 1

Pendeta Dhamus: Gereja Menata Kehidupan Sosial Jemaat

2605_Ketua GKII  Wilayah Kaltim_Pendeta Dhamus Imau
Ketua Gereja Kemah Injil Indonesia Wilayah Kalimantan Timur, Pendeta Dhamus Imau

BENTIAN BESAR – Gereja Kemah Injil Indonesia Wilayah Kalimantan Timur menggelar rapat kerja di Kampung Suakong Kecamatan Bentian Besar, Kabupaten Kutai Barat. Rakerwil ini dihadiri lebih dari 50 perwakilan dari delapan daerah administrasi. Pada kesempatan itu disepakati pembentukan daerah baru, yakni Daerah Mahakam Ulu dan Daerah Balikpapan.

Rakerwil yang digelar tiga hari, 22-24 Mei 2015, merupakan rapat kerja untuk mengevaluasi perkembangan jemaat dan juga organisasi gereja selama lima tahun terakhir. Delapan daerah itu sendiri adalah Berau dan Talisayan di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahakam Tenggara dan Mahakam Kubar di Kabupaten Kutai Barat, Samarinda serta Daerah Persiapan Balikpapan.

Menurut Ketua GKII Wilayah Kaltim, Pendeta Dhamus Imau, setiap daerah sedikitnya mengirim lima utusan ke Rakerwil. Mereka terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Seksi Perkawan, Ketua Seksi Perkarya, Ketua Seksi Pemuda, Ketua Seksi Anak dan Ketua Seksi Remaja. Rakerwil juga menjadi ajang untuk mengevaluasi program-program kerja yang dicetuskan pada Konferensi Wilayah di tahun 2011 lalu. “Nanti di Konferensi Wilayah tahun 2016 akan disahkan kedua daerah (Balikpapan dan Mahulu) itu,” katanya saat ditemui di gedung GKII Jemaat Suakong, Senin (25/5/2015).

Pendeta Dhamus menambahkan, digelar juga Rapat Kerja Daerah Mahakam Tenggara usai rakerwil ditutup. Rakerda ke IV yang menghadirkan masing-masing tujuh utusan dari tiap gereja itu juga berlangsung selama tiga hari, 25-27 Mei 2015. Daerah Mahakam Tenggara sendiri telah memiliki sekitar 5.000 jemaat dalam 18 gereja dan 7 Pos Pembinaan Umat. Meliputi kawasan Kecamatan Muara Lawa, Siluq Ngurai, Jempang dan Bongan, dengan digembalakan 9 pendeta.

Rakerda yang mengambil tema ‘Pelayan Tuhan Yang Kompeten’ ini juga menjadi momen evaluasi program kerja pada Konferensi Daerah di tahun 2011. Sekaligus mempersiapkan Konferensi Daerah Mahakam Tenggara untuk memilih badan pengurus periode tahun 2016-2021. “Saat ini kita lebih menekankan program kerja untuk pembinaan umat,” jelas Pendeta Dhamus.

Tidak hanya Daerah Mahakam Tenggara yang dipimpin Pendeta Suarman (Gembala Sidang GKII Lambing), seluruh gereja GKII di Wilayah Kaltim diminta meningkatkan kerohanian umatnya. Gereja juga harus menata kehidupan sosial masyarakata khususnya umat agar lebih baik. Dapat beradaptasi dengan baik dengan dunia luar. “Dulu dan sekarang bisa kita lihat perubahan kehidupan umat dan lingkungannya setelah mengenal Injil. Tentunya sudah lebih baik, dan harus lebih baik lagi,” kata Pendeta Dhamus yang adalah putera Dayak Kenyah asal Desa Sungai Barang di dataran Apau Kayan, Kabupaten Malinau.

Pendeta Dhamus menekankan pentingnya membina umat menjadi umat yang dewasa dalam iman. Agar tidak mudah disesatkan dengan pengajaran yang tidak menjamin keselamatan. “Karena gereja ini mulai dari pelosok, harus diingatkan dengan banyaknya beragam wujud bahaya rohani yang terselip dalam kemajuan tehnologi misalnya. Selain rohani, kita mendidik umat untuk memperoleh kesejahteraan,” ujarnya. Ia menambahkan, pembukaan rekerwil mengundang Bupati Kubar Ismael Thomas tapi hanya dihadiri Kasi Umum Kecamatan Bentian besar. “Semestinya ini menjadi momen bagus bagi pemerintah bersama gereja.”   #Hendri Philip

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here