Hits: 2

Rekomendasi dari DPP masih dalam proses

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kutai Barat, Agus Sopian, di hari pelantikan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat pada Selasa, 13 Agustus 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Partai Nasdem menempati urutan ke lima perolehan suara pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Kutai Barat. Total 6.704 suara yang dikumpulkan dari tiga daerah pemilihan, membuat partai politik ini mendapat jahat dua kursi di DPRD Kubar. Yakni Agus Sopian dari Dapil Kubar 1 dan H Suharna dari Dapil Kubar 2. Lalu kemana arah dukungan mereka untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kubar tahun 2020 ini?



Ditanya soal arah koalisi di Pilkada Kubar, Ketua DPD Partai Nasdem Kubar, Agus Sopian mengaku masih menunggu petunjuk dari Dewan Pimpinan Pusat di Jakarta. Begitu juga soal pilihan berkoalisi dengan parpol lain yang memiliki dua atau tiga kursi juga di DPRD Kubar.
“Belum tahu, ini masih dalam proses,” katanya melalui pesan singkat kepada KabarKubar pada Selasa, 10 Maret 2020.
Agus Sopian membantah adanya kabar jika Partai Nasdem melirik Rama Alexander Asia untuk diusung di Pilkada Kubar sebagai Calon Bupati. Meski Rama Asia yang pernah tujuh tahun menjabat Bupati Kubar, adalah kader Partai Nasdem. Bahkan namanya ada di jajaran Pengurus DPD Partai Nasdem Kubar sebagai Ketua Dewan Pertimbangan. “Belum ada info, itu hoax (kabar bohong) saja,” tegasnya pada Sabtu, 14 Maret 2020.

Ia mengakui kedekatannya dengan pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan. Keduanya telah mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan dan Partai Hanura sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar. Hal itu ditunjukkan dengan berdiri di barisan depan saat Persiapan Pembentukan Tim Yakan di Pilkada 2020 pada Kamis, 13 Pebruari 2020 lalu.
Meski begitu, Agus Sopian mengaku belum tentu partainya akan mendukung pasangan petahana tersebut. “Ini belum resmi, jadi kita belum bisa memastikan,” ujar pria yang pernah mencoba peruntungan sebagai Calon Wakil Bupati Kubar pada Pilkada Kubar tahun 2011. Ia berpasangan dengan Kornelius Sinyal.
“Kami akan mengikuti arahan DPP. Memang ada suara dari DPP akan mengutamakan kader, tapi kita yakin DPP akan mendapat rekomendasi kepada figur terbaik,” imbuh Sekretaris DPD Partai Nasdem Kubar, Elvin Eriadam.



Untuk diketahui, 6.704 suara yang diraih Partai Nasdem pada Pemilu 2019 di Kubar didasari Keputusan KPU Kubar Nomor: 83/HK.03.1-Kpt/PL.01.9/6407/KPU-Kab/VII/2019. Berisi tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. Rinciannya, 3.420 suara di Dapil Kubar 1, Dapil Kubar 2 sebanyak 1.749 suara, dan 1.535 suara dari Dapil Kubar 3. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here