Hits: 2

 

Gerindra dan Hanura Disebut Jadi Perahu

Ir. Rama Alexander Asia, Bupati Kutai Barat periode 2000-2006. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Pesta demokrasi di Kabupaten Kutai Barat telah memunculkan sejumlah nama yang akan memperebutkan kursi orang nomor satu di birokrasi. Rama Alexander Asia kembali mencuat di tengah masyarakat sejak setahun terakhir. Bupati Kubar di periode 2000-2006 ini digadang akan tampil kembali di panggung Pilkada Kubar, Desember 2015 mendatang.

“Selaku warga negara, saya memiliki hak untuk mencalonkan diri menjadi bupati. Jadi saya sampaikan siap majulah pada perhelatan Pilkada tahun ini,” ujar Rama Asia saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya pada Selasa, 5 Mei 2015 siang tadi.



Soal partai politik yang akan mengusungnya di Pilkada Kubar nanti, Rama Asia mengaku masih terus berkordinasi dengan sejumlah pengurus parpol. Namun, ia menyebut Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Gerindra telah memberi sinyal baik. Untuk memenuhi syarat 20 persen kursi di DPRD Kubar, masih dibutuhkan dua kursi lagi.

Sebab Gerindra hanya memiliki dua kursi dan Hanura meraih satu kursi di Pemilu Legislatif April 2014 tadi. “Semua persiapan masih dalam proses, tapi dipastikan semua siap. Soal partai pengusung masih dalam proses juga, intinya saya maju,” katanya.

Soal kesiapan politik, Rama Asia mengaku tidak banyak bergerak di tengah masyarakat Kubar. Pernah duduk sebagai Bupati Kubar selama tujuh tahun, membuat putera daerah Kecamatan Nyuatan ini sangat populer. Dua kali maju di Pilkada Kubar tahun 2006 dan 2011, menambah popularitasnya. Terakhir, terpilih dengan raihan suara cukup signifikan di Pileg 2014, Rama Asia berhasil duduk sebagai Anggota DPRD Kalimantan Timur dari Partai Hanura.

Ditanya soal motivasi ingin duduk kembali di kursi Bupati Kubar, Rama Asia berkomentar singkat. Ia menyatakan tekad untuk kembali menjadi pemimpin semua lapisan masyarakat, bukan hanya segelintir golongan. “Saya bukan tipe pemimpin yang obral janji, apalagi membohongi masyarakat. Kita tunggu saja prosesnya ke depan seperti apa. Kalau saya tidak ada masalah, saya siap. Intinya, jikapun ada calon lain yang lebih baik, pasti saya dukung,” tegasnya.

Rama Asia berharap seluruh penyelenggara Pilkada Kubar seperti Komisi Pemilihan Umum, Panitia Pengawas Pemilu dan aparat keamanan akan bekerja profesional dan adil. Sebab momen tersebut sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat ke depan. “Pihak keamanan juga saya minta lebih baiklah untuk mengamankan Pilkada nanti. Harapan kita bersama jangan sampai terjadi insiden dalam Pilkada nanti,” pungkasnya.



Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Kubar Markulius Mahing mengakui Rama Asia adalah salah satu tokoh yang mendaftar ke partainya sebagai Bakal Calon Bupati Kubar. Ada juga nama FX Yapan yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kubar untuk periode ketiga sejak tahun 2004 lalu. Berikutnya, Abednego yang merupakan birokrat berpengalaman di Pemkab Kubar. Lalu ada nama Mohammad Djailani yang saat ini masih menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Kaltim.

Disinggung nama siapa yang condong untuk diajukan sebagai balon bupati oleh Gerindra Kubar, Mahing langsung menyebut nama Rama Asia. “Gerindra siap mengusung pak Rama, karena beliau lebih bisa dijual ketimbang calon lain. Saya yakin kami akan menang jika bersama Rama,” katanya disela menghadiri Sidang Gugatan Sengketa Lahan Politeknik Sendawar di Pengadilan Negeri Kubar.

“Tapi siapa yang bakal diusung adalah keputusan mutlak DPP Gerindra,” imbuhnya. #Revandi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here