Hits: 0

Pemuda Diminta Ikuti Jejak Tokoh Sukses Asal Linggang Melapeh

Sebagian warga Kampung Linggang Melapeh yang mengikuti Reses oleh Ekti Imanuel di Luuq Melapeh pada Jumat, 14 Pebruari 2020 sore. REVANDI/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, menemui masyarakat Kampung Linggang Melapeh di Kecamatan Linggang Bigung pada Jumat, 14 Pebruari 2020 sore. Ekti memberikan motivasi bagi para pemuda dan pemudi setempat. Agar menjadi generasi unggul, menyusul sejumlah warga asal setempat yang telah mengukir prestasi di berbagai bidang.
“Bukan mengesampingkan para tetua, saya ingin kedepankan pemuda sebagai motor penggerak di segala bidang, khususnya pembangunan,” ujar Ekti saat Serap Aspirasi Masyarakat atau Reses Daerah Pemilihan V Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu Masa Persidangan I Tahun 2020.



Bertempat di Lamin Adat Luuq Melapeh, Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya ini mengatakan, harus ada motivasi bagi kaum muda. Agar prestasi yang diukir putra-putra Kampung Linggang Melapeh yang telah ada tidak sampai hilang. “Generasi Linggang jangan ketinggalan dalam berkarya,” tegasnya.
Dia menambahkan, ingin menggiring para kaum muda supaya mengisi proses peningkatan sumber daya manusia untuk dapat bersaing. Khususnya menyongsong perpindahan Ibu Kota Negara di Provinsi Kaltim. Terlebih Kubar menjadi daerah penyangga IKN, yang secara tidak langsung berkontribusi di berbagai bidang, terutama SDM. “Jangan jago di kampung saja, harus bisa jago di kabupaten, provinsi bahkan nasional,” katanya memotivasi.
Pesan Ekti yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kubar, agar tidak melihat latarbelakang partai politik dalam berkarya atau bekerjasama mengejar prestasi. Parpol dimaknakan sebagai sebuah kendaraan yang membawa seseorang menuju tujuan. Sehingga kaum muda tidak bisa dipecahbelah oleh orang tidak bertanggungjawab.
Ketua Karang Taruna Kampung Linggang Melapeh, Roy Riyadi, menerima bantuan peralatan olahraga dari Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel. REVANDI/KABARKUBAR.COM

“Saya motivasi generasi muda, orang Linggang Melapeh sudah ada yang jadi Bupati Kubar selama dua periode (Ismael Thomas), sekarang jadi Anggota DPR RI. Ada yang jadi Ketua DPRD Kubar (Jackson John Tawi) dan banyak pejabat di berbagai bidang. Artinya orang Melapeh pintar-pintar, tidak hanya soal politik,” tegasnya.
Menanggapinya, Ketua Karang Taruna Kampung Linggang Melapeh, Rio Riyadi, mengakui saat ini gadget sangat memengaruhi anak-anak setempat. Akibatnya, terkadang timbul salah paham karena debat di media sosial. “Tepat sekali arahan Pak Ekti untuk anak-anak disini, agar fokus pada tujuan,” ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris Kampung Linggang Melapeh.
Suasana santai dalam Reses oleh Ekti Imanuel yang dihadiri kebanyakan pemuda dan pemudi setempat. REVANDI/KABARKUBAR.COM

Menjawabnya, Ekti mengenang masa di era tahun 1980-an. Saat malam belum larut, sekitar  jam 8 malam warga kampung sudah tidur. Ia meminta Ketua Karang Taruna untuk sering melakukan kegiatan sosial atau berkumpul. “Saat ini era Android, semua bisa dilihat dari HP. Sekarang juga tiap rumah ada motor, dulu sepeda pun tidak punya,” katanya.
Duduk di Komisi III DPRD Kaltim, Ekti berharap kegiatan berkaitan dengan Sumpah Pemuda tetap dilaksanakan setiap tahun di Linggan Melapeh. Sebab di Kubar, kampung ini yang pertama kali melaksanakan acara Sumpah Pemuda di tingkat kampung. “Maunya tiap tahun selalu dilaksanakan. Tinggal menyampaikan proposal pada kami bertiga yang berasal dari kampung ini (Ismael Thomas, Anggota DPRD Kubar Yudi Hermawan dan Ekti),” pesannya.



Kesempatan itu, Ekti menyerahkan bantuan kepada pemuda Linggang Melapeh. Yakni sarana olahraga berupa tiga bola voli, tiga bola sepak, serta masing-masing satu set kostum pemain sepakbola dan voli.
Reses ini dihadiri perwakilan pemuda Linggang Melapeh, dan para tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat. Ekti didampingi Yoseph yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang Partai Gerindra Kecamatan Linggang Bigung. #Revandi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here