Hits: 0

Pemuda Butuh Lapangan Sepakbola Baru dan Peningkatan Kualitas Gedung Karang Taruna

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Pertama kali melaksanakan Serap Aspirasi Masyarakat atau Reses di Tahun 2020, Ekti Imanuel mendatangi tiga kampung di wilayah Kecamatan Linggang Bigung. Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur ini membuat langkah berbeda dalam Reses di Daerah Pemilihan V yang meliputi Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Dihadiri perwakilan warga setempat, sejumlah aspirasi disampaikan dalam pertemuan sederhana.



“Saya buat format Reses dari kampung ke kampung, yang biasanya sekecamatan. Yang penting bagaimana menyerap aspirasi,” ujar Ekti yang duduk di Komisi III DPRD Kaltim, saat Reses Masa Persidangan I Tahun 2020 pada Jumat, 14 Pebruari 2020.
Di Kampung Linggang Melapeh, warga menyampaikan keluhan atas kondisi lapangan sepakbola Benteng Putra yang makin sempit. Banyaknya bangunan yang berdiri di tepi lapangan, membuat tidak lagi layak untuk menggelar turnamen resmi berskala besar.

Ketua Karang Taruna Kampung Linggang Melapeh, Rio Riyadi mengatakan, kalau hanya untuk latihan warga kampung masih bisa digunakan. Tapi jika mengadakan turnamen, apalagi antar kampung atau kecamatan, sudah tidak layak. “Lihatlah, lapangan sudah sempit, karena ada banyak rumah di dekatnya. Apalagi ini banyak lebak di lapangan, sering membuat pemain keseleo, dan cidera,” ujarnya saat Reses di Luuq Melapeh itu.
Rio Riyadi juga meminta perhatian untuk peningkatan kualitas gedung Karang Taruna yang menjadi pusat kegiatan pemuda dan juga jadi sarana olahraga. Sebab sarana olahraga bukan hanya bagi orang muda, tapi semua warga. Namun demikian, ia memahami anggaran kampung yang tidak memadai.
Selain itu, pemuda juga pembinaan. Yakni pelatih fisik dan teknik dari ahlinya. Sebab selama ini diakui hanya sekedar bermain. “Gedung karang taruna dari dana provinsi, tapi belum selesai. Kami harap bisa dibantu dari provinsi juga. Itu pusat pemuda, juga informasi,” ungkap pria yang menjabat Sekretaris Kampung Linggang Melapeh.

Menanggapinya, Ekti mengakui sepakbola dan voli menjadi cabang olahraga paling diminati di Kabupaten Kutai Barat. Disusul bulutangkis dan tenis meja. Sayangnya sarana dan fasilitas yang masih kurang. Lapangan sepakbola yang banyak lubang atau lebak, berisiko cedera atau keseleo bagi pemain.
“Dari dulu sudah direncanakan memindahkan lapangan sepakbola, karena sudah sempit. Reses pertama saya, memang sudah disampaikan petinggi (Melapeh Lama), ada tanah untuk lapangan sepakbola yang memadai, tapi harganya mahal,” katanya.
Reses ini dihadiri perwakilan pemuda Linggang Melapeh, dan para tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat. Ekti didampingi Yoseph yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang Partai Gerindra Kecamatan Linggang Bigung. Kesempatan itu, Ekti menyerahkan bantuan kepada pemuda Linggang Melapeh. Yakni sarana olahraga berupa tiga bola voli, tiga bola sepak, serta masing-masing satu set kostum pemain sepakbola dan voli.
Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya ini menjelaskan, bisa saja diupayakan bantuan keuangan provinsi untuk mencetak lapangan sepakbola. Namun, diperlukan kepedulian warga pemilik lahan untuk menghibahkan atau menjual dengan harga yang bersahabat. “Ada yang bagus lahannya, tapi ditawarkan Rp1 miliar, ya itu terlalu mahal. Lapangan juga kan kebutuhan dan jadi milik kita bersama,” tegasnya.
“Kami butuh perawatan jalan tani, khususnya jalan menuju Temula yang dulu sudah koral,” kata Yakobus, salah seorang warga.

Terhadap aspirasi itu, Ekti mengaku kalau Jalan Linggang Melapeh-Temula sudah diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Kaltim. “Mudah-mudahan sudah masuk di APBD Kaltim tahun 2021 untuk peningkatan jalannya. Saya akan perjuangkan pembangunan di Kubar dan Mahulu. Apalagi wilayah Linggang (Kecamatan Linggang Bigung), khususnya Linggang Melapeh. Karena ini tanah kelahiran saya, yang pasti akan saya bangun,” tegasnya.
Ekti mengatakan, membangun Kubar dan Mahulu, terutama wilayah Linggang, akan semakin mudah. Sebab selain ia di DPRD Kaltim, ada Ismael Thomas sebagai putra setempat yang kini duduk di DPR RI untuk berjuang di pemerintah pusat. Ada juga Yudi Hermawan yang juga putra Linggang Melapeh, kini menjalani periode kedua di DPRD Kubar.



“Melapeh ini komplit, semua bidang jabatan ada dari warga kampung. Ada anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan juga pejabat di pemerintahan. Jadi akan semakin mudah untuk memperjuangkan aspirasi pembangunan,” pungkasnya. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here