Hits: 0

Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15

JEMPANG – KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan, meresmikan enam bangunan yang dibiayai dari Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung tahun anggaran 2016 dan 2017. Peresmian itu dilakukan dalam Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 46 Kabupaten Kutai Barat. Dihadiri ribuan masyarakat dari 12 kampung, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kubar.

Gedung yang dibangun menggunakan ADD dan ADK, yaitu:

  1. Gedung Olahraga Temenggung Marta dari ADD tahun 2017 di Kampung Tanjung Isuy
  2. TK PAUD Tunas Bangsa dari ADK tahun 2016 di Kampung Pulau Lanting
  3. Posyandu Kutai Putra dari ADD tahun 2017 di Kampung Pulau Lanting
  4. TK PAUD Angin Mamiri dari ADD tahun 2017 di Kampung Tanjung Jone
  5. Gedung Seni Budaya Telaur dari ADD tahun 2017 di Kampung Pentat
  6. Pentas Seni Terbuka AKAS bersama dari ADD Tahun 2017 di Kampung Lembonah

Seraya bersungkawa atas tragedi yang diakibatkan tindakan terorisme di Jawa Timur, bupati meminta seluruh masyarakat untuk menjaga kebersamaan. “Kita butuh kekuatan penuh seluruh masyarakat. Di tengah bahaya terorisme, intoleransi, dan radikalisme, kita dituntut hidupkan kembali semangat patriotisme. Perkokoh kekuatan nasionalisme, salah satunya dengan semangat gotong royong,” pesan FX Yapan, Senin 14/5/2018 di Lapangan Sepakbola Kampung Tanjung Isuy, lokasi kegiatan.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menandatangani Prasasti Peresmian 6 Gedung yang dibangun dari Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kampung tahun anggaran 2016 dan 2017 di wilayah Kecamatan Jempang. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Tampak mendampingi bupati di acara tersebut, Wakil Bupati Kubar Edyantor Arkan, Anggota DPRD Kubar Bartolomeus Iku, Kepala Polsek Jempang AKP Teguh Joko, Komandan Koramil 0912-09 Tanjung Isuy Kapten Infanteri Mukri, dan 16 camat se-Kubar.

“Tahun 2018 ini, jalan menuju ibukota jempang harus selesai. Sekarang sedang tahap dilelang, dan pemenangnya nanti harus yang punya alat berat. Setelah itu, barulah kita selesaikan jalan antar kampung,” ujar Yapan soal target pembangunan di Kecamatan Jempang.

Selaku Ketua Panitia BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Faustinus Syaidirahman mengungkapkan puluhan realisasi pembangunan yang dilakukan melalui ADD tahun 2017. Baik yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, dan dinas atau OPD terkait. Berupa pembukaan dan pemeliharaan jalan, pengadaan pupuk dan bibit, pengadaan bibit hewan ternak, atau kegiatan lainnya yang mengarah peningkatan ekonomi masyarakat.

Para Camat se-Kabupaten Kutai Barat menerima cinderamata berupa Selendang Ulap Doyo dalam Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 tahun 2018 di Kampung Tanjung Isuy Kecamatan Jempang, Senin 14/5/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sejak dibuka di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok, pada 16 April 2018, telah banyak hal dilakukan oleh OPD, kecamatan, kampung dan kelurahan. Khususnya di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, keagamaan dan lingkungan. Antara lain, Lomba Administrasi PKK, Lomba Penyuluhan Lansia, Lomba BKB, Lomba UP2K, Lomba Busana, Lomba Ivaters dan Lomba PHBS.

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan. Menuju pada penguatan integritas sosial, menumbuhkembangkan rasa kepedulian dan rasa memiliki. Dalam pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan dan pemeliharaan hasil pembangunan,” ungkap Faustinus Syaidirahman yang juga Kepala DPMK Kubar.

Terakhir, pria akrab disapa Cay ini mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya dan sarana untuk membantu masyarakat. Khususnya meningkatkan kemitraan bersama pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan. Bahwa nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa. “Sangat perlu dan wajib dikembangkan serta dilestarikan secara berdayaguna. Juga berhasil guna untuk memperkuat nilai-nilai kerja sama dan kebersamaan di dalam membangun kehidupan,” jelasnya. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here