Risma Nadin Duta GenRe Putri Kutai Barat Tahun 2023

1,186 views

Brand Ambassador Generasi Berencana Putri Kabupaten Kutai Barat Tahun 2023

Risma Nadin saat dinobatkan sebagai Duta GenRe Kutai Barat Tahun 2023 ( Istimewa )

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR

Tercatat sebagai siswa kelas 11 Sekolah Menengah Atas Linggang Bigung, Risma Nadin diam – diam menoreh prestasi luar biasa membanggakan, Risma Nadin terpilih sebagai Duta Genre Putri Kabupaten Kutai Barat tahun 2023.

Dia dinobatkan sebagai juara pertama kategori putri dalam final pemilihan Duta Genre Kabupaten Kutai Barat tahun 2023 yang digelar oleh  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kubar, tepatnya di Auditorium Aji Tulur Jejangkat, 3 Juli 2023 lalu.

Risma Nadin, siswa yang memiliki banyak hobi ini salah satunya menari, mengaku menjadi Duta GenRe membuatnya mendapatkan banyak hal baru yang luar biasa. Menurutnya, menjadi orang yang bermanfaat itu jauh lebih baik daripada memikirkan dirinya sendiri

Selama proses kompetisi dirinya mengaku merasa kurang percaya diri, namun tak ingin menyerah segala persiapan dia lakukan mulai dari tes tulis,hingga presentasi. Bahkan demi hasil yang memuaskan ia rela belajar lebih ekstra untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dan memberikan penampilan terbaik.

Risma Nadin saat ini sedang mempersiapkan diri untuk ikut dalam pemilihan duta genre tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Diantaranya menjalankan program kerja, sosialisasi ke sekolah – sekolah tentang generasi berencana atau genre.

Selain itu Risma Nadin juga giat mensosialisasikan apa itu genre melalui media sosial melalui instagram, Facebook dan Whatapp.

“Selain aktif sosialisasikan apa itu genre saat ini, saya juga mempersiapkan diri dengan belajar materi, persiapan unjuk bakat di tingkat provinsi nantinya,” ungkapnya Duta Genre yang saat final unjuk bakat dengan pidato berbahasa inggris tersebut.

 

“GenRe adalah wadah bagi remaja terutama dalam perencanaan kehidupan, saya akan berusaha menjadi role model yang terbaik bagi remaja di Kutai Barat dengan memperbaiki kualitas diri terlebih dahulu sehingga layak menjadi contoh bagi banyak remaja yang ada di Kubar,” terangnya, Kamis 27 Juli 2023.

Dirinya turut mengajak anak muda di Kutai Barat, pahami tentang sex bebas, bahaya Narkoba.Karena jika kita sendiri salah jalan diri kita sendiri yang rugi bukan orang lain.

“Pertama diri kita yang rugi, selanjutnya orang lain juga merasakan dampaknya, jadi sebisa mungkin kita menjadi remaja yang sehat, remaja kutai barat yang lebih baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemilihan duta genRe selalu digelar setiap tahunnya, baik tingkat Nasional, tingkat provinsi maupun Kabupaten atau Kota.

GenRe merupakan kepanjangan dari Generasi Berencana yang dimana merupakan ambassador nya BKKBN, tugas menjadi seorang Duta GenRe tidak main-main bukan sebatas tugas namun di samping itu pula harus melakukan pengabdian dan membantu program-program BKKBN.

Keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan.# EKYLOVIS

 

Komentar

comments