Hits: 0

Disponsori Caleg DPRD Kaltim Asal Kubar-Mahulu, Ekti Imanuel

Ekti Imanuel melakukan tendangan pertama dengan menyodorkan bola kepada Kepala Kampung Asa, Imansyah, tanda dimulainya Turnamen Sepakbola Rumpun Asa Cup Open 2018 di Lapangan Sepakbola Raja Manik, Kampung Asa, Selasa 2/10/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Para pecinta olahraga sepakbola kembali mendapat hiburan menarik. Sebab Kejuaraan Sepakbola Rumpun Asa Cup Open 2018 telah dimulai di Lapangan Sepakbola Raja Manik Kampung Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Selasa 2/10/2018 sore tadi. Sebanyak 40 kesebelasan akan bertanding untuk memperebutkan total hadiah senilai Rp15 juta.



Sejak dibuka pendaftaran peserta pada 15-30 September 2018, antuasias ditunjukkan melalui pendaftaran kepada Panitia Rumpun Asa Cup Open 2018. Empat pemenang pertandingan ini akan menerima masing-masing sebuah Trophi dan Piagam. Dan hadiah uang pembinaan yang nilainya bervariasi. Yakni Rp 5 juta bagi Juara 1, Juara II mendapat Rp4 juta, Juara III Rp3 juta, dan Juara 4 Rp2 juta.

Kepala Kampung Asa Kecamatan Barong Tongkok, Imansyah, menerima sodoran bola dari Ekti Imanuel dan menendang bola, sebagai tanda dimulainya Rumpun Asa Cup Open 2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kemudian Rp1 juta termasuk Trophi dan Piagam untuk Pencetak Gol Terbanyak atau Top Score. “Meski mencantumkan nama Rumpun Asa, tidak berarti pesertanya hanya dari kampung-kampung yang masuk Rumpun Asa. Karena ini pertandingan terbuka untuk umum,” ungkap Yayan Kurniadi, Ketua Panitia Rumpun Asa Cup 2018.

Pernyataan itu terbukti dengan pertandingan pembukaan Rumpun Asa Cup 2018. Yang mempertemukan KKBT Merayaq dari Kampung Merayaq Kecamatan Mook Manaar Bulatn dengan PS Juhan Asa dari Kampung Juhan Asa Kecamatan Barong Tongkok. Sebab bicara Rumpun Asa adalah 12 kampung di Kecamatan Barong Tongkok. Yakni; Kampung Asa, Juhan Asa, Balok Asa, Juaq Asa, Pepas Asa, Ongko Asa, Muara Asa, Geleo Asa, Geleo Baru, Ombau Asa, Gemuhan Asa, dan Ngenyan Asa.

Pertandingan pembuka dimenangkan PS Juhan Asa yang menumbangkan KKBT Merayaq dengan skor telah 3-0. Pertandingan kedua yang mempertemukan PS Persoa B dari Kampung Ongko Asa melawan PS Persisa Asa C dari Kampung Asa. Pertandingan yang diwarnai guyuran hujan cukup deras selama babak pertama, dimenangkan PS Persisa Asa C dengan skor 3-2.

Yayan menjelaskan, seluruh kesebelasan dibagi dalam dua Pool. Dan akan bertanding selama sekitar sebulan, dengan jadwal Final yang belum ditentukan. Sebab nantinya akan ada jeda pertandingan saat memasuki perempat final atau 8 Besar. Untuk memimpin pertandingan, panitia telah menyiapkan empat wasit yang mengantongi Lisensi dari PSSI. Dan perangkat pertandingan lainnya, seperti Hakim Garis ada sembilan orang.

Penyerang atau Striker PS KKBT Merayaq berjibaku untuk menekan dan membobol gawang PS Juhan Asa yang hingga detik akhir tidak mampu membalas gol, dan akhirnya menyerah dengan skor 0-3 untuk Juhan Asa. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Ini sudah kami rencanakan sejak lama, dan ada Pak Ekti Imanuel yang bersedia menjadi sponsor utama. Jadi ini bukan agenda politik, tapi murni olahraga yang kebetulan didukung orang politik,” tegas Yayan.

Menanggapinya, Sekretaris Rumpun Asa, FX Sumardi, menyambut baik digelarnya Rumpun Asa Cup Open 2018. Selain menjadi hiburan menarik bagi masyarakat, dapat menjadi ajang pencarian bakat pesepakbola. Juga menjadi salah satu cara mengarahkan para pemuda ke hal positif.

“Kita berterimakasih kepada para pihak atau perorangan yang mau mendukung dunia olahraga. Kalau soal politik, masyarakat harus menatap Pemilu dengan berani. Untuk menentukan siapa wakilnya di gedung dewan Kubar maupun Kaltim. Tentu masyarakat sudah cerdas untuk memilih siapa figur terbaik menurut masing-masing,” ujar pria yang juga Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Kutai Barat ini.

Soal dukungan yang diberikannya untuk penyelenggaraan Rumpun Asa Cup Open 2018, Ekti Imanuel mengaku tidak bermaksud politis. Namun sebagai orang yang juga Penggemar Sepakbola disamping Otomotif, ia ingin sepakbola di Kubar terus berkembang. Apalagi Ekti baru saja melepas jabatan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kubar di periode 2010-2018.



“Saya masih punya semangat tinggi untuk memajukan olahraga di Kubar, meski sudah bukan Ketua KONI Kubar. Saya juga pernah jadi Ketua KNPI Kubar, jadi masih merasa muda. Kita harap dengan ajang ini, para pemuda dan pecinta sepakbola terus punya semangat olahraga,” kata Ekti yang juga Calon Anggota DPRD Kaltim dari Daerah Pemilihan Kaltim V (Kubar dan Mahulu), dengan nomor urut 1 asal Partai Gerakan Indonesia Raya. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here