Pemkab Kubar Serahkan 50 Sapi Kurban
 

Ibadah Salat Idul Adha 1438 Hijriah di Masjid Al Muttaqin Islamic Center, diikuti ribuan umat Muslim, Jumat 1/9/2017. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Ribuan umat Muslim khusyuk menunaikan ibadah Salat Idul Adha 1438 Hijriah di Masjid Al Muttaqin Islamic Center, Jumat 1/9/2017 pagi tadi. Sebagai Imam salat sekaligus Khatib di masjid termegah di Kabupaten Kutai Barat itu, adalah Ustadz H Dailami. Inti khotbahnya, teladan hidup rela berkorban diri yang ditunjukkan Nabi Ismail.


Ustadz Dailami meminta kaum Muslimin supaya mengikuti jejak Nabi Ismail. “Kita harus melaksanakan kurban, dengan membantu farkir miskin yang hidupnya serba kekurangan. Sehingga di antara kita tidak ada pemisah,” ujarnya dalam khotbah di masjid berlokasi di Jalan Pattimura RT 29 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak.
ALLAH, ia melanjutkan, telah mengangkat Hari Raya Haji menjadi hari yang mulia. Allah juga telah memberikan wahyu kepada Nabi Ibrahim dengan mengorbankan anaknya, yaitu Nabi Ismail. Dan Nabi Ismail sudah pasrah menyerahkan dirinya untuk dikurbankan kepada ALLAH.
Dikatakannya, kurban yang hukumnya Sunnah telah diajarkan Nabi Ibrahim. Jika melaksanakan kurban, maka yang didapat adalah kebaikan. Karena ALLAH akan yang yg baik terhadap apa yang dikurbankan kepadaNya. “Orang yang tidak mau berkorban padahal mampu, maka dia akan mati. Kita harus berani mengorbankan harta dan jiwa untuk umat Muslim yang masih serba kekurangan,” ajak Ustadz Dailami.
Wakil Bupati Kutai Barat, H Edyanto Arkan, menyerahkan secara simbolis 50 ekor sapi kurban yang akan didistribusikan ke masjid dan musala di 16 kecamatan se-Kubar. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Para ulama disebut bisa berkorban untuk membimbing para umat. Yang kaya harus bisa membantu farkir miskin dan Anak Yatim. “Marilah kita bertaqwa kepada TUHAN Yang Maha Esa dengan menjauhi semua larangannya. Sebab taqwa merupakan kewajiban umat Islam selama kita hidup di dunia,” pesan Ustadz Dailami.
Mewakili Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan mengajak umat mengambil hikmah dari Salat Ied. Untuk meneladani semangat Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim, diminta menyiapak korban. “Mari kita memberikan korban kita, karena dengan semangat pengorbanan inilah yang kita laksanakan dalam hidup,” katanya.
Wabup juga meminta untuk mengurangi ego pribadi, dan mengajak tetap memelihara toleransi dan persatuan. “Saat ini saudara kita umat Muslim di dunia ada sekitar 2 juta orang sedang melaksanakan Ibadah Haji di Makkah, termasuk Jemaah Haji dari Kubar. “Kita berharap Jamaah Haji kita yang berangkat ada 100 orang, kembali harus 100 orang juga,” pinta Edyanto Arkan.
Tidak lupa wabup menyampaikan, akan diadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten yang bertempat Masjid Al Muttaqin Islamic Center. Digelar
3-7 Oktober 2017 nanti, akan diikuti para Kafilah dari 16 Kecamatan se-Kubar. Pagi tadi itu, Edyanto Arkan juga menyerahkan secara simbolis 50 ekor sapi kurban yang akan didistribusikan ke masjid dan musala di 16 kecamatan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here