Salurkan Dana Aspirasi Rp400 Juta, Ridwai Serahkan 46 Unit Mesin Ces dan 55 Perahu

0
45

Bagi Nelayan di Kecamatan Penyinggahan

Ridwai bersama Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Berkat David Sinaga, disaksikan Sekretaris Kecamatan Penyinggahan, M Fadly, menyerahkan bantuan kepada para nelayan. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

PENYINGGAHAN – KABARKUBAR.COM

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ridwai, menyalurkan dana aspirasi senilai Rp400 juta kepada masyarakat Kecamatan Penyinggahan yang berprofesi sebagai nelayan. Sebanyak 46 unit mesin ces dan 55 perahu dibagikan kepada kelompok nelayan di lima kampung.

Ridwai yang duduk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kutai Barat, merealisasikan hak keuangannya dalam aspirasi dewan dalam beragam program dan kegiatan. Menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, mendistribusikan bantuan berupa alat penangkapan ikan atau API.

“Ini sudah komitmen saya untuk membantu saudara-saudari kita yang mencari nafkah sebagai nelayan di Penyinggahan. Semoga dapat membantu meringankan kerja mereka menangkap ikan di sungai,” ujar Ridwai usai menyerahkan bantuan pada Senin, 28 November 2022 di Kampung Tanjung Haur, Kecamatan Penyinggahan.

Ketua DPRD Kabupaten Kutai Barat, Ridwai, menyerahkan bantuan kepada nelayan di Kecamatan Penyinggahan pada Senin, 28 November 2022. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Ia menjelaskan, aspirasi yang disalurkan tidak hanya untuk para nelayan. Namun beragam bantuan telah dan akan diberikan kepada warga Kubar lainnya. Tidak terfokus pada satu bidang. “Petani karet, petani sayur, petani padi dan pedagang, juga dapat bagian dari aspirasi saya,” kata Ridwai yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Kubar.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Berkat David Sinaga menuturkan, pihaknya terlibat langsung dalam penyerahan bantuan tersebut. Sejak awal pembahasan anggaran yang dialokasikan dari aspirasi dewan ke dinas perikanan.

“Kami mengusulkan kegiatannya, dan lolos setelah diasistensi. Kemudian diajukan ke ULP (unit layanan pengadaan) dan diadakan lelang terbuka atau online penawarannya. Pesan PPTK(Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) kepada penyedia yang menang, kerjakan sesuai spesifikasi,” katanya.

Berkat Sinaga menerangkan, ada empat titik serah penerima bantuan di Kecamatan Penyinggahan. Di Kampung Penyinggahan Ulu dan Penyinggahan Ilir dengan masing-masing 8 unit mesin ces atau ketinting berdaya 6 PK dan perahu.

Kabid Perikanan Tangkap, Berkat David Sinaga, secara simbolis menyerahkan bantuan yang berasal dari Aspirasi Ketua DPRD Kabupaten Kutai Barat, Ridwai. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Kemudian di Kampung Tanjung Haur masing-masing 10 unit perahu dan mesin ces berdaya 6 PK. Termasuk untuk Kelompok Nelayan Pulau Bilah berupa 11 unit mesin ces berdaya 13 PK.

Terakhir adalah untuk kelompok nelayan di Kampung Minta dengan masing-masing 8 unit perahu dan mesin ces 6,5 PK. Ada juga 20 unit cool box atau kotak penyimpanan pendinginan ikan. “Pengumpulan data calon penerima telah dilakukan sejak tahun lalu oleh penyuluh perikanan yang dikoordinasikan dengan dinas perikanan,” ungkapnya.

Penyerahan bantuan API tersebut dihadiri sejumlah Pejabat Fungsional dan Tim Pemeriksa pada Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Barat. Disaksikan Sekretaris Kecamatan Penyinggahan M Fadly, dan Kepala Kampung Tanjung Haur Artawan.

“Kita senang dapat bantuan ini, apalagi sesuai kebutuhan kita nelayan ini. Ada mesin ces baru, dan perahunya juga. Tahun lalu kami juga dapat alat tangkap ikan dari dinas perikanan. Ada jala, pukat, dan keramba,” kata Ruhamdi Yusuf, salah seorang nelayan sungai di Penyinggahan yang termasuk sebagai penerima bantuan dari aspirasi Ridwai tersebut. (Andry Anhar)

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here